Selasa, 09 Februari 2016

[Review Buku] BAPER LAWYER: Berani Curcol Gak Berani Lapor - Arry Wibowo

BAPER LAWYER: Berani Curcol Gak Berani Lapor
oleh Arry Wibowo
Penerbit Visimedia
Editor oleh Lis Sutinah
Cetakan ke-1; 2015; 130 hlm
Rate 4 of 5

“Pengaraca yang bagus kenal dengan masalah hukum dan solusinya, tapi pengacara yang hebat kenal langsung dengan hakimnya.”
Apa jadinya kalo seorang pengacara punya profesi lain sebagai stand up comedian? Yang ada, semua keresahannya tentang praktik hukum di Indonesia yang dianggapnya jauh dari kata keadilan, dijadikan materi stand up-nya. Ibaratnya nih, mau curhat tapi pake macem-macem kode, alias gak berani terang-terangan.
Buku ini mau nunjukin kalo dunia hukum gak selamanya terkesan kaku dan serius, tapi juga bisa menimbulkan keprihatinan, eh maksudnya kelucuan-kelucuan, asalkan semua realitas ini bisa dilihat dan dirasakan dari sisi “komedi”. Hm, penasaran dengan isi curhatan pengacara yang suka “kebawa perasaan” ini? Langsung aja dibeli bukunya dan kita bakal bisa ketawa tanpa takut dihukum.

Pas banget. Kebetulan aku baru aja selesaikan baca novel Scymore Row karya John Grisham. Itu lho yang bercerita tentang Jake sebagai pengacara surat wasiat Seth Hubbard. Dan karena tokoh utamanya adalah si Jake, maka isi novel ini gak jauh-jauh dari pengacara, persidangan dan berbagai kata-kata yang tidak aku pahami. Sayangnya, tidak ada catatan kaki di novel tersebut. Untungnya di buku komedi yang cerah ini, ada beberapa istilah yang udah aku baca di novel John Grisham dan aku mulai (kurang lebih) ngerti lah.

Ini kan genrenya fiksi/humor kan? Tapi kok aku ngerasanya isinya lebih dari sekedar fiksi yah? Banyak (hampir semua) isinya mengandung sentilan yang dibalut dengan kekonyolan khas bang Ary. Boleh kan ya saya manggilnya bang hehe ...

Anggap aja boleh ^^

Perkenalan aja kita udah disambut dengan humor bang Ary yang khas dan lucu. Kenapa aku bilang khas, soalnya jarang banget humor bawa-bawa pasal dan ngerti banget masalah hukum dan politik.

Biar lebih enak review-nya, aku jelasin per bab aja ya.

I’M A LIAR, EH LAWYER: disini ada perkenalan singkat dengan bang Ary. Ada cerita lucu yang berhubungan dengan akun twitternya yang dikira pemain sinetron itu lho. Sampai-sampai dia sendiri kaget ngeliat follower-nya mendadak ramai xixixi

PENGACARA ANEKA GAYA: disini kita bakal dikenalin sama jenis-jenis pengacara. Bahkan pengacara yang suka nongol di tv itu juga ada pembagian jenisnya juga.


MESRA BERSAMA POLISI: disini bang Ary akan kasih tips dan trik gimana bisa menghindar dari tilang. Terbukti manjur, toh bang Ary udah buktikan sendiri (itu sih katanya XD)

SALAH SAMBUNG: bagian ini agak lucu sih. Karena ini asli lelucon bang Ary yang di akal-akalin jadi cerita fiksi yang sebenarnya ada benernya juga haha.

BECANDA (BEBAS) DI PENGADILAN: aku sedikit curiga, kalau hampir semua yang ada di bagian ini bukan sekedar fiksi belaka. Termasuk tukang ojeknya haha ... suka bagian tukang ojeknya ^^

LAWYER NGONDEK: Nah ini pengalaman bang Ary menghadapi saksi ngondek, dan tiba-tiba .... *gak bisa bilang, ntar hilang lucunya hehe*

POLI... “TIKUS”: Kayaknya gak perlu dijelasin juga bakal tahu deh bagian ini. Gak jauh-jauh kok dari pejabat negara kita yang tercinta ini. Tapi disini dibuat lebih komedi, kalau ada yang marah, berarti dia ngerasa. Nah kalau gak, lanjut baca ....

PERFILMAN INDONESIA: ini dia, pembahasan perfilman indonesia (khususnya yang punya judul aneh-aneh) yang akan dibahas dan dikupas secara tajam oleh bang Ary. Semuanya serba masuk akal dch. Maksudnya masuk akal buat dijadikan bahan ketawaan.

BEKASI... OH.... BEKASI: Ini murni curhatan hati bag Ary sebagai warga Bekasi yang rajin bayar pajak. Dan menuntut hak-hak kewarganegaraannya *ngaco wkwkwk* pokoknya intinya gitulah. Kalau kalian warga Bekasi, pasti penasaran dengan curhatan hati bang Ary yang satu ini.

DIBUANG SAYANG: Seperti judulnya, ini kumpulan kisah lucu lainya yang diragukan ke-fiksi-annya dan terangkum menjadi 1 bab dengan 6 cerita yang berbeda.

STAND UP COMEDY: ini alat yang dijadikan bang Ary untuk ngelepas stress karena pekerjaan. Gak tau dch, isinya curhatan atau murni banyolan belaka.

-selesai-

Ngerangkumin bab ini gak terlalu susah sih, susahnya karena dalam 1 bab itu bang Ary bisa macam-macam di omongin, kadang dia bisa ngelantur kemana-mana. Tapi yah tetap ada intinya dan itulah yang aku tulis sebagai perkenalan per bab-nya.

Bukunya cukup meghibur, banget malah. Bisa senyum-senyum sendiri dan kadang membenarkan apa yang diucapkan oleh bang Ary. Meski buku ini full humor, bukan berarti gak ada nasihat yang diselipkan oleh bang Ary. Ada beberapa hal yang bisa kita ambil poinnya.

Meski ini buku humor (yang sekali lagi aku tegaskan) aku gak menyarankan semua umur boleh membaca buku ini. Ada beberapa pemakaian kalimat bang Ary terkesan dewasa dan hanya cocok dikonsumsi oleh remaja 18+. Menurut aku sih gak masalah juga sebenarnya, soalnya humor kayak gini pun pasti gak akan mendapat tanggapan bagus dari anak-anak di bawah umur, terlalu berat buat mereka memahami kenapa pejabat terus tambah kaya sedangkan emak bapaknya tambah miskin. 

Dan buku ini sangat cocok dinikmati untuk menghabiskan waktu luang. Atau sebagai teman tidur ketika lagi insomia seperti bang Ary, dan tahu apa obat ampuh bang Ary untuk mengatasi insomia? Baca aja sendiri haha ....

Secara keseluruhan buku ini sangat enak dibaca. Gaya bahasa yang akrab dengan pembaca dan tidak menggurui sama sekali. Dan hati-hati, penuh sindiran maut disini. Kalau gak siap mental buat baca, mending gak usah. Daripada ntar nyalahin buku ini karena apa yang dibilang bang Ary ternyata ngena banget, kan repot. Kasihan buku yang tidak berdosa kena imbasnya hoho.


Akhir kata
Selamat membaca ^^

G+

5 komentar:

  1. Sepertinya menarik bukunya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menarik kok ....
      kalau kamu bosan dengan bacaan yang biasa-biasa aja, buku ini pas banget buat nemenin kamu di waktu senggang. Plus kocak dan menghibur pula *promosi* haha

      Hapus
  2. hukum di jadikan bahan stand up comedy.. sepertinya menarik untuk disimak... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu menarik ^^ soalnya rada nyindir hukum yang ada di negara kita ini lho.

      Pasti bakal betah baca buku ini lama-lama *promosi* hahaha

      Hapus
  3. jadi penasaran pegen punya bukunya #langsungkegramed

    Budy | Travelling Addict
    Blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    BalasHapus

Berikan komentarmu disini

 
;