Minggu, 08 November 2015

[Review Buku] Sherlock Holmes: 12 Best Stories by Sir Athur Conan Doyle

Bisa di beli di sini

Sherlock Holmes: 12 Best Stories

by Sir Athur Conan Doyle

Penerbit Visimedia

Penerjemah by Runi Indrani

Cetakan pertama; Jakarta 2012, 546 hlm

Penyunting Muthia Esfand

Pendesain sampul by Nuruli Khotimah

Rate 4 of 5



“IT IS A GREAT THINGS TO START LIFE WITH A SMALL NUMBER OF REALLY GOOD BOOKS WHICH ARE YOUR VERY OWN.” ~ SIR ATHUR CONAN DOYLE

Sir Athur Conan Doyle bisa jadi penulis cerita detektif paling sukses sepanjang sejarah. Kepiawaiannya dalam menghadirkan sosok Sherlock Holmes, detektif dari Baker Street, membuat karya-karyanya dikenal luas di seluruh dunia hingga saat ini. Sherlock Holmes menjadi detektif yang digemari oleh semua kalangan dan usia. Tak terhitung lagi karya-karya lain yang terinspirasi dari metode khasnya dalam memecahkan setiap kasus.

Meskipun Sir Athur Conan Doyle juga banyak menulis buku bertema lain, buku-bukunya yang berisi kisah petualangan Sherlock Holmes tetap menjadi favorit pembacanya. Sir Athur pun memfavoritkan beberapa seri Sherlock Holmes, karyanya  sendiri. Sampai pada tahun 1927 dia membuat daftar cerita pendek Sherlock Holmes favoritnya untuk majalah The Strand, London, dari peringkat pertama sampai dua belas. Ke-12 cerita pendek favorit Sir Athur Conan Doyle itulah yang bisa Anda nikmati dalam buku ini.
  1. Petualangan Speckled Band: Kasus ini bercerita tentang seorang wanita yang ingin menyelidiki kematian kakaknya yang misterius. Dikatakan misterius karena kakaknya meninggal saat berada di dalam kamar tidurnya tanpa ada satupun sesuatu yang bisa menyakitinya. Jendela terkunci dari dalam, begitu pula pintu kamar. Sehingga Sherlock Holmes turun tangan untuk memeriksanya. Dan ia khawatir, kalau kliennya adalah korban selanjutnya.  
  2. Liga Rambut Merah: Seorang pria dengan rambut merah menyala menerima pekerjaan dari Liga Rambut merah dan bertugas menyalin Encyclopedia Britannica dari pukul 10 hingga pukul 2 setiap harinya dengan imbalan yang sangat menggiurkan. Tapi saat minggu ke-8, Liga Rambut Merah menghilang begitu saja tanpa kabar. Pria tersebut kebingungan dan akhirnya menemui Sherlock Holmes. Masalah ini terlihat unik dan aneh, tapi Sherlock menemukan rencana besar di balik ini semua. 
  3. Petualangan Laki-laki Yang Menari: Seorang klien Sherlock mencemaskan gambar corat-coret anak-anak yang telah menganggu ketenangan istri tercintanya. Setiap kali istrinya mencoba melenyapkan gambar tersebut, makin sering pula gambar itu tersebar di seluruh rumah. Hingga ketika sang istri makin menderita, sang klien, nekat untuk mencari tahu siapa yang telah menganggu ketenganan istrinya. Sherlock yang menyadari arti dari gambar corat-coret tersebut menghampiri klienya yang berada di luar kota. Betapa kagetnya dia ketika mengetahui, bahwa kliennya meninggal dan istrinya sedang sekarat 
  4. Kasus Terakhir: Pertarungan sengit antara Sherlock Holmes dan musuh bebuyutannya yang bernama Profesor Moriaty. Hingga akhirnya Watson harus menghadapi kenyataan bahwa sahabat terbaiknya telah meninggal bersama Profesor Moriaty di dasar air terjun 
  5. Skandal di Bohemia: Awal pertemuan Sherlock dengan wanita yang berhasil membuatnya jatuh cinta, Irene Adler,  karenca kecerdasannya dalam mengimbangi kecerdikan Sherlock Holmes yang saat itu sedang membantu kliennya untuk mengambil foto skandal dari Irene Adler 
  6. Kasus Rumah Kosong: Watson ingin mencoba teknik penyelidikan Sherlock Holmes untuk sebuah kasus yang tidak terpecahkan. Seorang pria ditemukan terbunuh di dalam ruangannya tanpa ada tanda-tanda pergulatan. Anehnya lagi menurut saksi, malam terbunuhnya itu sang korban tidak menemui siapapun di ruangannya. Hingga kematiannya tetap menjadi misteri 
  7. Petualangan Lima Biju Jeruk: Paman dan Ayahnya meninggal setelah menerima surat dari insial K.K.K yang berisi lima biji jeruk. Sang klien menemui Sherlock Holmes saat ia juga mendapatkan surat tersebut. Dan dugaan Sherlock ini ada hubungannya dengan organisasi rahasia yang kejam 
  8. Misteri Noda Kedua: Sang Perdana Mentri kehilangan surat penting yang isinya bisa memicu perperangan antar dua negara. Sherlock berjanji akan menemukan surat tersebut. Tapi Sherlock mengalami kesulitan. Karena tidak satupun orang yang mengetahui keberadaan surat tersebut 
  9. Petualangan Kaki Iblis: Dua pria dewasa yang sehat dan kuat ditemukan menjadi gila dan seorang wanita tewas saat sedang bermain kartu. Tidak ada yang tahu penyebabnya apa. Lalu esoknya disusul oleh kematian seorang laki-laki lain dengan cara yang serupa 
  10. Petualangan Sekolah Seminari: Sherlcok ditawari hadiah uang sangat besar bila berhasil menemukan anak laki-laki seorang Duke dan mengetahui siapa dalang di baliknya. Dan penyelidikan berakhir pada masa lalu sang Duke yang menjadi kunci pemecahan kasus ini. 
  11. Ritual Musgrave: Seorang sahabat lama Sherlock mendatanginya dengan sebuah kasus hilangnya kepala pelayannya yang sangat ia percayai. Setelah menghilangnya kepala pelayan, disusul oleh menghilangnya wanita yang sempat menjalin hubungan dengan si kepala pelayan tersebut. Sherlock Holmes menduga menghilangnya kepala pelayan tersebut berhubungan dengan benda yang sangat bernila sejarah. 
  12. Teka-Teki Reigate: Kisah pencurian yang sangat aneh sekali. Pencuri hanya masuk ke rumah dan mencuri barang-barang yang tidak berguna sama sekali. Sampai akhirnya pencurian tersebut mengakibatkan seorang tewas. Hingga Sherlock Holmes harus segera turun tangan meski ia sedang sakit parah.



***

Sherlock Holmes bukan nama asing kan bagi pecinta novel kriminal? Tentu saja, tokoh detektif satu ini tokoh paling terkenal dan masih awet hingga sekarang. Dan beruntung aku, bisa mendapatkan buku ini dari salah satu sahabatku ketika aku berulang tahun.



Pertama mau komentarin covernya dulu. Jujur sejujurnya, aku gak suka Robert JR menjadi sampul buku Sherlock holmes. Menurut aku film dia yang sebagai Sherlock sama sekali gak menggugah aku buat nonton filmnya, padahal kenyataannya aku pencinta Sherlock. Aku punya 4 buah buku sherlock di rumah. Diperlengkap dengan komik Sherlock Holmes. Tapi bisa-bisanya aku gak nonton filmnya. Yah mau gimana lagi, sosok Sherlock dalam kepala aku itu BEDA 100% dari yang diperankan Robert. Jadi rada gimana gitu liat sampul bukunya hehe *Selera orang beda-beda kan ^^



Sudut pandang tetap dari Watson. Yang ini gak pernah berubah ya. Dari beberapa buku sherlock yang aku baca tetap sudut pandang Watson yang dipakai. Sehingga gak semua tindak tanduk Sherlock bisa kita ikuti. Padahal aku pengen tahu gimana cerita selengkapnya tetang pertarungan maut Sherlock dan Profesor Moriaty di air terjun. Sampai-sampai Watson ngira Sherlock meninggal.



Cerita yang dikumpulkan dalam buku ini memang benar-benar seru. Gak salah kalau disebutkan sebagai Best Stories. Dan urutan cerita di dalam buku ini diurutkan sesuai favorit penulisnya sendiri lho, yaitu Sir Athur Conan Doyle sendiri. Jadi gak akan rugi bacanya ... malah ngerasa terhormat karena kita sebagai pembaca bisa tahu cerita favorit sang penulis.



Sayangnya ....



Diantara keseruan aku membaca buku ini. Aku kurang suka sama terjemahannya yang kadang terasa gak nyambung antara kata satu dengan kata lainya. Entah rasanya janggal aja. Contoh paling sederhana aja itu judulnya yang ketiga Petualangan Laki-Laki yang Menari. Kalau gak salah di buku Sherlock terbitan Gramedia, Laki-Laki Menari itu diartikan gambar orang menari Itu lho, sandi yang mirip corat coret anak-anak. Di detektif conan pun sempat disinggung tentang kasus ini, dan disebut juga dengan gambar orang menari. Bukan Laki-laki menari.



Nah itu baru contoh judul. Belum lagi contoh kalimat yang bertebaran di dalam novel ini. Apalagi sampai 546 halaman. Bayangin aja....



Selain itu Typonya ya ampun. Berserak sana sini.



Rasanya gak profesional banget. Penulis kece, ceritanya oke, eh malah typo dimana-mana.



Secara keseluruhan, aku menikmati membaca buku ini. Terlepas dari kekurangannya. Kalau ngaku pecinta Sherlock Holmes, wajib banget punya novel ini. Benar-benar kumpulan cerita terbaik.



Sampai jumpa di review selanjutnya ^^

G+

2 komentar:

Berikan komentarmu disini

 
;