Minggu, 10 Desember 2017

Review Buku:Autum Rhapsody - Amarissa

Judul: Autumn Rhapsody
Penulis: Amarissa
Penerbit: Kata Depan
Editor: Adhista dan Gita Romadhona
Cetakan Pertama; Apri 2017; 338 halaman
ISBN: 978 – 602 – 6475 – 39 - 8


Blurb
Bagian paling sulit dari mencintai adalah meyakinkan orang yang kau cintai bahwa cinta yang kau miliki benar-benar nyata.
Sepuluh tahun lalu, Keira Schward, gadis rapuh yang kesepian, jatuh cinta pada seorang Damian Alberhart. Pertemuan yang cuma sehari itu, membekas lama, lalu menumbuhkan cinta yang tidak sekadarnya.
Tiba-tiba saja, Damian datang, melamar Keira. Cinta masa remaja yang melekat, membuat Keira langsung menerima lamaran itu. Padahal, dia tidak tahu siapa Damian sebenarnya. Dia tidak tahu apa alasan laki-laki itu menikahinya. Dia hanya percaya , cinta yang dia punya tidak akan mengkhianatinya.
Namun, benarkah itu? Benarkah cinta tidak akan membuatmu kecewa, dan justru membuatmu menangis dalam luka? Damian yang dingin, ketus, dan tak berperasaan membuat perempuan itu pelan-pelan kehilangan harapan.
Cukup kuatkah cinta yang dia bawa? Atau, memang sedari awal, dirinyalah yang salah menilai cinta.

Sinopsis
Damian adalah anak laki-laki yang telah merebut cinta pertama Keira remaja. Cinta itu terjaga hingga ia dewasa dan mampu membuat Keira menolak lamaran dari berbagai kolega ayahnya yang menawarkan anak laki-laki mereka. Di tengah ke khawatiran orangtuanya, Damian hadir dan melamar Keira. Betapa senangnya Keira. Meski tidak mengetahui apa alasan Damian menikahinya, Keira tetap bahagia bahwa Damian ternyata ingat padanya.

Sayangnya, alasan pernikahan itu lebih menyakitkan dari pada apa pun.

Hanya Tuhan yang tahu, apakah Keira mampu bertahan di bawah atas yang penuh kebencian itu


Review

Aku tulis per poin aja ya ... jujur aku bingung gimana menuliskan review untuk novel ini

1.       Di halaman 27 dikatakan kalau Keira tidak bisa melacak keberadaan Damian, tapi di halaman 31 ada penjelasan kalau Damian pengusaha muda yang sukses dan terkenal. Rasanya nggak singkron ya, nggak bisa menemukan orang seterkenal Damian (apalagi sama-sama pengusaha seperti ayah Keira). Kalau diibaratkan, seperti kpopers yang nggak kenal sama EXO

2.      Ada beberapa tanda baca yang bikin aku mengernyit bacanya. Ada yang tanda bacanya lebih dari satu. Dan ada juga tanda baca yang bikin aku salah kira maknanya. Aku lupa di halaman berapa, tapi ada bagian ketika Margareth memanggil Keira dan menggunakan tanda seru 2x. Aku kirain Keira di bentak sama Margareth


3.      Pengulangan fakta yang terlalu sering. Misalnya fakta yang menyebutkan: Keira unik, tidak seperti gadis pada umumnya. Dan itu terlalu sering di ulang. Pertama disebutkan dalam narasi, lalu di ulang lagi dalam dialog si tokoh. Dan ada beberapa bagian lagi yg seperti itu

4.      Aku sedikit janggal di halaman 152. Dimana-mana, orang dewasa menjauhkan anak-anak dari masalah/keributan orang tua/dewasa, tapi di sini Margareth malah SENGAJA memanggil Damian dari sekolahnya untuk menghentikan pertengkaran. Emang akan ada perbedaannya, memanggil anak sekecil Damian untuk menyelesaikan pertengkaran hebat antara ayah dan ibunya? Apalagi sampai melibatkan kekerasan. Aku yang sebagai ibu, akan menjauhkan anakku dari masalah. Bukan mendekatkannya


5.      Beberapa bab sebelumnya, sudah terjadi percakapan antara Daniel - Kiera bahwa pernikahan Damian - Kiera itu cuma dilandasi kepentingan bisnis. Tapi di halaman 173 di ulang lagi dialog tersebut. Malah yang bikin anehnya adalah Daniel terkejut mendengarnya. Nah lho, Daniel amnesia kali ya hehe

6.      Di halaman 252, ada kalimat ini: Di luar, terdengar suara jatuh. 

Di halaman 254, ada kalimat: suara sesuatu jatuh terdengar dari luar jendela gedung.


Persamaannya antara kedua kalimat itu adalah ditujukan untuk salju yang turun.


Aku baru tahu kalau turun salju itu ada suaranya

7.      Untuk kejutannya, aku nggak terkejut. Malah aku merasa janggal. Ketika mendekati ending ada tokoh-tokoh "tersembunyi" yang muncul tiba-tiba lalu peran mereka "selesai" begitu aja. Anehnya lagi, tokoh yang “tersembunyi” ini bukan Cuma satu, tapi ada ... (nggak boleh spoiler haha) dan peran mereka “tamat” dalam beberapa halaman, nggak sampai pun 1 bab.

Untuk gaya tulisnya, aku rasa penulis udah cukup bagus. Mampu “menyenangkan” pembaca genre romance dengan kedua tokoh utama kita, Damian dan Keira.

Tapi sayangnya, entah penulis ada membaca novel ini sebelum diterbitkan, atau ada dikoreksi oleh editor, mulai dari dialog, narasi itu banyak sekali pengulangan.

Udah aku bahas di poin 3 tentang pengulangan fakta, aku pikir Cuma terjadi di awal-awal halaman saja, tapi hingga akhir pun aku sering menemukannya. Maaf ya kakak Penulis, ini terlihat seperti tidak dikoreksi sama sekali sebelum diterbitkan. Rasanya, seperti membaca naskah mentah.

Maaf jika review ini tidak berkenan. Tapi semoga review saya bisa membuat karya kakak lebih baik lagi (Insha Allah) ... Ini adalah batu lonjakan buat kakak... semoga tidak marah ya kakak ...
***
Tulisan ini diikutsertakan dalam:
Indonesian Romance Reading Challenge 2017
Read & Review Challenge 2017 – Kategori Contemporary Romance
Wattpad Novel Reading Challenge 2017


G+

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentarmu disini

 
;