Rabu, 01 November 2017

Review Buku: Mantra Lilith - Henri Yulius

Judul: Mantra Lilith
Penulis: Henri Yulius
Penerbit: PT Elexmedia Komputindo
Desain sampul & Ilustrasi: Mawar Diah Pratiwi
Tebal: 244 halaman
ISBN: 978 – 602 – 04 – 3414 – 8

Blurb
“Kita sebagai sesama perempuan harus saling berbagi, termasuk berbagi neraka!”
Ini adalah kisah pengantar tidur
tentang perempuan
yang tak akan pernah bisa tertelelap nyenyak
sebelum
membalaskan dendam kesumatnya.
Mereka bukan perempuan luar biasa;
mereka pasti sering kau jumpai di mana-mana
para perempuan yang berusaha untuk menyembunyikan
benci, amarah, dan murka
di balik senyum dan pulasan kosmetik.
Bacalah
dan temukan sosok mereka dalam dirimu sendiri...


Sinopsis

Ada 14 cerita pendek di dalam buku ini. Di antaranya adalah:

Nama: Perempuan – Berkisah tentang 3 orang bernama Perempuan cantik dan kehidupan percintaan mereka yang misterius namun menggairahkan.

Bulan Merah Darah – Berkisah tentang seorang perempuan cantik jelita, dan mempesona namun harus kehilangan semuanya karena kanker dan kemoterapi yang sedang ia jalani. Ia menginginkan kecantikannya seperti dulu. Bahkan sangat medambakannya.

Menjelang Subuh – Bercerita tentang kasih sayang Kalongwewe atas nasib anak perempuannya kelak yang telah ia tinggalkan bersama Ibu Tiru dan ayah yang sama sekali tidak menginginkan anak perempuan

Di Bawah Salju Ada Dendam – Seorang gadis bernama Nala yang harus merasakan pedihnya (lagi-lagi) kehilangan orang yang dikasihi karena keadaan sehingga menimbulkan dendam di dalam hatinya.


Berahi Perempuan Berambut Ular – Kisah wanita cantik rupawan yang rambutnya bisa berubah menjadi ular ketika ia sedang berhasrat.

Ibu Kami Ternyata Seekor Monyet – Kisah seorang ibu yang merelakan hidupnya menjadi monyet agar anaknya hidup sejahtera

Sonata Tengah Malam – Kecemburuan manekin yang mengerikan

Rahasia Ibu – Ibu yang diam-diam merasakan takdir anak perempuannya ketika dewasa

Saudari Sehidup Semati – Kisah saudari buruk rupa yang selalu ada untuk saudari tirinya yang cantik dan tercinta

Kutukan Bulan Pertama – Kutukan seorang wanita yang pada akhirnya membawa anaknya sendiri untuk menyetubuhi ibu kandungnya.

Dongeng Sebelum Tidur – 1. Putri Salju Berhati Belatung; 2. Punggung yang Berlubang; 3. Gadis Tudung Merah; 4. Nenek dan Kucingnya

Perempuan yang Melahirkan Seekor Ikan – Wanita duyung yang merelakan pita suaranya ditukar dengan sepasang kaki agar ia bisa bertemu manusia pujaan hatinya. Pada akhirnya dia menunggu sang pujaan hati di tengah kehidupan manusia yang begitu keras.

Riwayat Timun Mas Yang Tak Pernah Diceritakan – Timun Mas ingin melarikan diri dari orangtua, lalu bertemu dengan para Raksasa yang menawan dan menawarkan keamanan

Rahasia Menjaga Suami Tetap Setia – Kisah di balik bibir merah semerah darah yang tersungging dan di balik kisah bagaimana mendapatkannya.


Review

Sebab tubuh adalah mesin pengingat yang baik, bukan sekedar daging dan darah. – hal 60

Kalau boleh jujur. Awalnya aku tidak tertarik ketika mengetahui buku ini merupakan kumpulan cerpen. Dan jujur sekali lagi, suka buku ini karena covernya yang super cantik banget menurut aku.

Ternyata, ketika aku baca prolognya, tentang Adam – Hawa dan diplesetin sedikit hingga wanita bernama Lilith bisa tercipta, aku langsung semangat baca buku ini dan habisin novelnya. Hanya dari prolognya aku bisa ngerasain tulisan ini seperti hidup. Horor yang ada di dalamnya benar-benar mempengaruhi aku. Ini bukan horor bertema hantu seperti pocong dan sejenisnya, ini horor tentang PEREMPUAN. Bagaimana perempuan mampu melakukan hal-hal di luar batas normal untuk mendapatkan keinginan atau membalas dendam. Dan ini adalah “aku banget!”

Yup, semua tokoh utama dalam novel ini adalah perempuan cantik, seksi, bertubuh sital, dan digilai laki-laki, dan jangan lupakan nasib buruk yang menimpa mereka, lalu disetiap cerita karakter perempuan dimasukan satu persatu.

Ini horor beda!!!

Kamu harus baca untuk menemukan perbedaaan-perbedaan dari ke-14 cerita tersebut. Meski dengan tema yang sama, namun plot dan alur yang berbeda. Jelas ending untuk setiap cerita juga berbeda. Meski rata-rata berakhir sama.

Aku harus ngecek ulang, ini benar nggak nama penulis cowok haha ... karena cara kak Henri menggambarkan perempuan serta bagian-bagian intim perempuan begitu mirip, rasanya nggak mungkin. Terus membayangkan nasib para laki-laki yang berakhir di tangan para perempuan ini seperti kak Henri membuka aib kaumnya sendiri. Bahwa laki-laki itu “berbahaya” dengan cara mereka sendiri. Bukan hanya berbahaya karena fisik mereka yang memang kuat, tapi bagaimana mereka mampu mempengaruhi perempuan.

Paling suka itu bagian plesetan beberapa dongeng dunia dan dongeng lokal yang diubah kak Henri menjadi horor yang super merinding. Super dewasa dan super berbahaya. Antara lain ada dongeng Tangkuban Perahu, Wewegombel, Timun Mas dll. Kalau dongeng dunia ada si Ariel Putri Duyung dan Gadis Berkerudung Merah.

Seperti tertera di cover bagian belakang, ada label “dewasa” yang ditempatkan. Dan arti dewasa di sini benar-benar dewasa. Jadi aku rasa harus ada pengawasan ektra jangan sampai di baca oleh anak-anak di bawah umur. Meski untuk dewasa, tapi aku pikir akan berguna jika di baca remaja yang sedang dalam tahapan pacaran. Meski aku nggak begitu yakin apa mereka mampu menangkap pesan dari kisah ini selain bagian dewasa dari buku ini.

Uhm, ada typo. Tapi aku ragu ini typo.

Di halaman 232 ditulis namanya tokohnya adalah Randi, trus di halaman 234 berganti Aris, dan akhirnya di halaman 236 balik lagi namanya menjadi Randi, tapi dibaris akhir halaman yang sama nama Aris kembali ditulis.

Untuk disebut typo aneh kan? Biasanya typo karena salah ketik atau sebagainya dan hanya terulang sekali. Tapi ini sampai dua kali dengan nama yang sama pula.

Untuk penyuka horor berbau misteri, aku rasa ini bakal jadi bacaan yang cocok buat kamu. Apalagi dikemas dalam cerpen yang bisa kamu nikmati di kala senggang.

Sekali lagi aku ingatkan, untuk dewasa ya ...

Sampai jumpa di review selanjutnya ^^

***

Tulisan ini diikutsertakan dalam:

Read & Review Challenge 2017 – Kategori Paranormal Romance



G+

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentarmu disini

 
;