Senin, 28 Agustus 2017

Review Buku: Blind Date by aliaZalea

Judul: Blind Date
Penulis: aliaZalea
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Cover: Farah Hidayati
Cetakan ke-5; Agustus 2015; 272 halaman
ISBN: 978 – 602 – 03 – 1994 – 0


Blurb
“Anda ingin pasangan date Anda tingginya antara 165 hingga 180 sentimeter?”
“Betul.”
“Untuk umur, Anda memilih antara 26 hingga 40. Betul?”
“Ya.”
“Anda terbuka dipasangkan dengan laki-laki dari berbagai Ras?”
Aku tertawa mengiyakan.
“Anda mengharuskan pasangan date Anda single dan unattached. Apakah Anda bersedia dating dengan laki-laki yang statusnya baru ‘pisah’ dengan istri mereka?”
“Nggak. Saya ingin laki-laki single, se-single-single-nya.”
***
Rencana hidup Titania Larasati buyar setelah menemukan Brandon, pacarnya selama tiga tahun, berselingkuh dengan sekretarisnya. Dalam usaha untuk melupakan kejadian itu dan kata-kata yang diucapkan oleh Brandon bahwa dialah satu-satunya laki-laki yang akan pernah menginginkannya,Titania rela mengeluarkan dua ribu dolar untuk memperoleh jasa blind date profesional, yang menjanjikan sebuah pernikahan dalam waktu kurang dari enam bulan. Dengan bantuan adiknya yang suka sok tahu dan agen blind date yang pantang menyerah,Titania bertekad membuktikan bahwa Brandon salah.


Sinopsis

Titania patah hati. Brandon cowok yang ia cintai, ia banggakan, selingkuh dengan sekretarisnya di kantornya. Dan saat Titania marah, Brandon malah balik menyalahkan Titania karena tidak pernah memberikan apa yang Brandon inginkan. Dan ketika Titania memutuskan untuk mengakhiri hubungan dengan Brandon, Brandon malah mengutuk Titania dengan mengatakan tidak ada laki-laki yang kan bertahan dengan Titania.

Titania akan membuktikan bahwa Brandon salah.

Nyatanya, dua bulan Titania mencari tidak ia temukan laki-laki yang memenuhi kriterianya. Dan keputusasaannya membawa Titania kepada jasa MyBlindDate disingkat MBD yang didapat dari Oprah. Titania pun hampir menyerah ketika tidak juga menemukan pasangan yang cocok.

Ia berpikir, apakah ucapan Brandon benar adanya?



Review

Kak alia ini harus coba nulis genre misteri atau thriller. Soalnya sepanjang novel ini kak Alia membuat aku ragu siapa yang akan menjadi pasangan Titania pada akhirnya. Karena jujur aja, hampir semua pasangan yang di tawarkan oleh MBD itu masuk kategori ‘tokoh utama’ dengan fisik oke, dan pekerjaan lebih dari mapan. Tapi Kak Alia mengajarkan, bahwa mencari pasangan itu bukan 2 hal itu aja yang dilihat. Karena tidak ada satupun dari mereka yang berhasil mencantol hati Titania. Ada aja kekurangan yang Titania lihat dari cowok-cowok yang ditawarkan itu. Aku sampai sebel sendiri, si Titania ini banyak maunya haha ...  sebel dalam artian nggak sabaran siapa sih calonnnya. Gitu ...

Aku sempat duga kalau cowok yang ketemu di supermarket itu bakal jadi calon Titania, tapi salah karena mereka berpisah setelah dari situ. Terus ada cowok-cowok yang nyelamatin Titania dari Brandon yang nggak rela diputusin Titania, ternyata salah juga. Mereka nggak ketemu lagi.

Sampe aku akhirnya nyerah.

Udah ikutin aja lah kak Alia mau bawa kemana ceritanya haha ...

Sampai ada satu cowok yang perfect banget, aku pikir, INI DIA!! Eh ternyata ....

Ah sudah lah ...

Banyak sih bagian yang aku suka dari novel ini. Mulai dari cara pertemuan dengan Mr. X hingga bisa kencan dengan Mr. X dan terus jadian, lalu komitmen hingga sampai mereka yakin inilah pasangannya. Paling suka itu,ketika Mr. X hampir kebablasan dan langsung teringat bahwa Titania masih perawan dan komitmen Titania ingin melakukannya bersama pasangan yang sah. Sedikit emosi ikut main di dalam sini. Menurut aku kak Alia cakep bawainnya.

Tapi ada juga beberapa adegan yang menurut aku udah terlalu banyak dipake dalam novel romance, overall aku tetap suka.

Konfliknya ini, kak Alia berhasil bikin konflik yang nggak seberapa ini bikin greget.

Kenapa?

Karena konfliknya ini apa ya. Susah jelasinnya.

Cuma gara-gara Titania kemakan ucapan Brandon aja sih sebenarnya. Padahal semuanya baik-baik aja.

Secara keseluruhan,novel ini asik. Nggak bertele-tele, nggak banyak romance yang bikin mual, lebih ke proses menemukan dan bagaimana menjalaninya, dan langsung bisa dibaca dalam sekali duduk. Nggak tebal-tebal amat kok. Ceritanya yang ringan bikin gampang ngikutinnya.

Dari novel ini kita bisa belajar untuk menemukan arti cinta sejati. Laki-laki yang mencintai wanita, akan menjaga kehormatannya, bukan malah merusaknya. Apalagi memakai alasan itu untuk berselingkuh.

Jadi kamu yang ngerasa cewek, percayalah laki-laki yang hanya mencintai karena hawa nafsu, tidak akan bertahan lama. Nafsu yang terpuaskan hanya membuat mereka tidak ingin jauh-jauh dari kamu, ketika kamu tidak mampu memberikannya lagi, maka semua yang kamu korbankan dan semua yang kamu pertaruhkan akan hilang bersama kepergiannya.

Thanks buat kak Alia yang mengedapankan pesan dalam novel ini.

Note: sengaja aku bikin Mr. X biar kalian juga ikut nebak-neba siapa calon si Titania hehe ...

***

Tulisan ini diikutsertakan dalam:
Indonesian Romance Reading Challenge 2017
Proyek Baca Buku Perpustakaan 2017
Read & Review Challenge 2017 –Kategori Contemporary Romance

G+

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentarmu disini

 
;