Kamis, 09 Maret 2017

Review Buku: Konspirasi Hari Kiamat - Sidney Sheldon

Temukan Saksi Mata, dan Bunuh Mereka!!


Judul: Konspirasi Hari Kiamat 1
Judul asli: The Doomsday Conspiracy
Penulis: Sidney Sheldon
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Alih bahasa: Drs. Budijanto T. Pramono
Cetakan ke-3; Oktober 1994; 344 hlm


Blurb

Robert Bellamy ditugaskan menyelidiki jatuhnya sebuah balon cuaca di Pegunungan Aspen, Swiss. Semua saksi mata harus ditemukan dan ditanyai. Namun bagi Bellamy, itulah langkah pertamanya menyusuri jalanan mengerikan yang seakan tak berujung. Dari Washington ke London, Zurich, Roma, dan Paris, cerita digelar untuk menyingkap masa lalu Bellamy - mengapa wanita yang dicintainya lebih dari hidupnya tak dapat membalas cintanya, mengapa sahabat-sahabatnya berbalik menjadi musuh-musuhnya yang paling kejam, dan mengapa dunia tak boleh tahu akan hadirnya "sesuatu" yang kerahasiaannya dijaga begitu ketat oleh kekuatan tersembun


Sinopsis

Letnan Kolonel Robert Bellamy dipanggil oleh Wakil Direktur NSA, Jenderal Mark Hilliard, untuk menangani kasus penting.

Robert ditugaskan untuk mencari 10 orang saksi mata yang menyaksikan jatuhnya balon cuaca milik NATO di pegunungan Alpen. Balon cuaca tersebut berisikan peralatan militer experimental yang sifatnya sangat rahasia. Seharusnya tugas tersebut sangatlah gampang bagi seorang Bellamy, tapi Jenderal Hilliar membuatnya sulit, karena mereka sama sekali tidak memiliki data sedikit pun tentang saksi mata. Asal negara, nama, identitas atau apa pun yang bisa menunjukan identitas mereka. Satu-satunya petunjuk adalah, mereka peserta tur Pegununan Alpen yang kebetulan melintas di hari minggu.

Bellamy memulai tugas mustahil tersebut. Ia berhasil menemukan dua saksi di antara sepuluh saksi mata tersebut. Tapi Bellamy tidak tahu bahwa pada akhirnya kedua saksi mata tersebut di bunuh.

Review

Aku nggak tahu kalau SS pernah bikin novel bertema sci-fi. Soalnya sebagai cewek yang ngaku fansnya SS, aku udah baca semua karya beliau—yang sayangnya kebanyakan lupa isinya x__x —dan aku kayaknya nggak pernah baca yang ini. Bisa jadi karena novel lama juga kali ya. Toko buku online, nggk ada lagi novel ini.

Ceritanya sih dibuka dengan prestasi Robert yang gemilang, dan yang membuatnya ia berakhir di Badan Intelijen. Yah nggak sepenuhnya dibuka dengan prestasi dia sih. Ciri khas SS itu, adalah beliau selalu lompat-lompat alur untuk flashback kisah tokoh utamanya.

Mengejutkan juga sih, novel ini aman dari adegan dewasa. Wow!! Aku pertama kali baca novel ini pas masih SMP, dan ketemu sama adegan dewasanya. Eh mampus!! Aku sembunyikan novel itu supaya mama nggak tahu, meski aku tahu mama nggak baca novel lagi. Maklum faktor usia, katanya tulisannya terlalu kecil. Tapi tetap aja aku umpetin. Mungkin ini yang dinamakan efek rasa bersalah kali ya wkwkwk.

Novel ini adalah bagian 1-nya. Dan isinya pencaharian Robert. Aku suka sih gimana SS membuat pencarian ini terkesan masuk akal. Tau kan, kalau Robert harus cari saksi mata yang ia sendiri tidak tahu namanya, identitas dll, dan menurut aku sangat sistematis cara kerjanya. Di mulai dengan pencaharian agen perjalanan yang mengadakan tur tersebut.

Selama pencaharian itu, kita juga akan diselipi oleh kisah-kisah yang tidak diketahui Robert. Misalnya tentang apa sebenarnya “balon cuaca” itu dan dampaknya jika diketahui masyarakat, dan betapa pentingnya menjaganya tetap rahasia sampai-sampai saksi mata tersebut di bunuh.

Lalu ada juga kisah bagaimana ia dan Susan, mantan istrinya, pisah. Aku belum lihat ada kaitan apa kisah Susan ini dengan novel ini. Karena cerita Robert-Susan cukup sering disebut disini.

Aku nggak bisa cerita banyak ttg novel ini, takut spoiler. Mungkin di review buku ke-2 nya baru akan ungkapkan fakta apa sebenarnya yang di cari Robert dan disembunyikan NSA.

Secara keseluruhan, aku suka novel ini. Namanya juga sci-fi ada yang sedikit nggak masuk akal, ya terima aja, karena memang begitulah cara kerjanya kan wkwkwk.

Sampai jumpa di review lengkap Konspirasi Hari Kiamat 2 ^^

***

Tulisan ini diikutsertakan dalam:

G+

4 komentar:

  1. Judulnya mirip dengan video viral di youtube. Konspirasi bumi itu datar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benarkah? Wah ngecek nanti ah 😅

      Hapus
  2. Kak, boleh minta template yang kamu gunakan nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh ... email aja saya biar saya kirim ^^

      Hapus

Berikan komentarmu disini

 
;