Minggu, 19 Februari 2017

[Review Buku] Seri Misteri Favorit #1: Misteri Pulau Betuah - Tuti Sitanggang

Petualangan yang Membawa pada Keadilan


Judul:Seri Misteri Favorit 1- Misteri Pulau Betuah
Penulis: Tuti Sitanggang
Penerbit: Kiddo
Cetakan ke-1; Januari 2014; 156 halaman
Penyunting: Pradikha Bestari
Ilustrator:  Indra Bayu
Perancang Sampul dan isi: Indra Bayu


Blurb

Ibul, Uti, Hana, dan Syah tersesat!

Mereka sedang mengikuti acara lomba menyusuri pantai saat mereka bertengkar, lalu keluar jalur. Kini mereka sampai ke bagian pantai yang banyak hutan bakaunya, terpencil, dan berkarang-karang. Dan, di situ mereka melihat seorang laki-laki berberewok hitam yang sedang menguburkan sesuatu di pasir! Hiii...! Mencurigakan sekali!

Apa yang dikubur bapak berberewok itu? Kenapa saat ditanya, bapak itu malah mengusir mereka? Ibul berusaha mencari bantuan ke Pulau Betuah yang tak berpenghuni, tetapi apa yang ia temukan di sana amat mengejutkan! 



Review

Langsung ke review aja yah, soalnya blurb novel ini udah pas banget menceritakan inti dari novel ini. Kalau aku bikin sinopsisnya lagi, bakal kayak double gitu.

Kisah ini menceritakan tentang 4 anak yang berbeda sifat: Ibul yang mandiri karena ia sering di ajak ayahnya melaut; Uti yang tegas menjadi pimpinan grup kecil ini; Hana anak manja yang sukanya ngeluh; Syah anak hobi makan.

Perbedaan sifat inilah yang mengakibatkan pertengkaran yang membawa mereka pada petualangan menyelamatkan harta berharga. Nggak hanya beharga bagi laut terutama wilayah pesisir barat lampung,tapi juga berharga untuk dilindungi oleh seluruh warga Indonesia.

Aku suka dengan novel anak-anak ini. Bahasa yang digunakan cocok sekali untuk anak-anak, sederhana dan tidak bertele-tele. Bahkan aku yang terbiasa baca novel dewasa, nggak masalah dengan alur yang terkesan cepat (maklumlah novel dewasa kan kompleks banget ada konflik ini dan itu, pertemuan ini dan itu dsb) malah aku dibuat penasaran gimana petualangan mereka berakhir.

Selain cerita yang oke, ilustrasinya itu lho cute dan cakep banget. Suka sekali. Apalagi setiap bagian-bagian penting yang butuh detail, seperti lokasi pulau Betuah dll di gambar dengan bagus.

Info menarik tentang kebiasaan daerah pesisir barat lampung juga nggak ketinggalan di ekspos. Penduduk yang rata-rata pencaharian sebagai nelayan dan aneka makanan khas yang bikin perut keroncongan. Malah Kak Indra nambahin dengan ilustrasinya. Untung nggak ngences pas lihatnya, apalagi baca buku ini ketika jam makan siang.  Ada juga penjelasan singkat lho kenapa hewan-hewan laut itu perlu dijaga keasriannya. Karena kalau salah satu rusak, maka seluruh ekosistem akan terganggu. Dan ketika ekososistem terganggu, maka kehidupan manusia juga akan terganggu.

Wow mengerikan ya ..

Karena ini buku anak-anak, pesan moral sangat ditekankan dalam buku ini. Bagaimana menghargai sahabat, dan keberanian mereka ketika menghadapi para perampok harta berharga bagi kehidupan mereka, yaitu laut.

Oh ya, ada typo di halaman 102. Ada tertulis “parahal” yang dimaksudkan adalah “padahal”

Aku rekomendasikan sekali buku ini buat adik-adik kalian. Sampul buku yang lucu ini bikin buku ini nggak kalah asik kalau dijadikan kado buat anak-anak.

Sampai jumpa di review selanjutnya

***

Tulisan ini diikutsertakan dalam:



G+

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentarmu disini

 
;