Sabtu, 12 November 2016

[BLOG TOUR] Review: Holy Mother - Rikako Akiyoshi



Holy Mother
Penulis Rikako Akiyoshi
Penerbit Haru
Penerjemah Andry Setiawan
Design Cover Pola
Cetakan Pertama; Agustus 2016; 284 hlm
Rate 5 of 5

Terjadi pembunuhan mengerikan terhadap seorang anak laki-laki di kota tempat Honami tinggal. Korban bahkan diperkosa setelah dibunuh.

Berita itu membuat Honami mengkhawatirkan keselamatan putri satu-satunya yang dia miliki. Pihak kepolisian bahkan tidak bisa dia percayai.

Apa yang akan dia lakukan untuk melindungi putri tunggalnya itu?



Honami adalah seorang ibu yang memiliki satu orang putri. Riwayat kesehatannya membuat ia sangat sulit untuk hamil, bahkan hampir mustahil. Disebabkan salah satu saluran telurnya menyempit sehingga sulit membuat sperma masuk ke dalam rahim untuk membuahi sel telur. 

Kaoru gadis kecil berumur tiga tahun yang sangat ceria. Sangat mencintai Honami dan begitu juga sebaliknya Honami. Bahkan ia rela melakukan apa saja demi putrinya tersebut. Baginya Kaoru adalah anugrah, keajaiban di tengah kesedihannya.

Lalu muncul kasus yang mengerikan.

Seorang anak laki-laki berusia lima tahun, ditemukan sudah tidak bernyawa dengan alat kelamin dipotong dan di “perkosa” setelah meninggal. Tubuhnya dibersihkan dengan pemutih dan diletakan dengan sangat rapi di atas tumpukan kardus. Kasus tersebut menggemparkan kota kecil tersebut, karena kota tersebut terkenal sangat aman.

Polisi kebingunan. Mencurigai sang ayah yang punya riwayat pernah melakukan kekerasan pada anaknya. Tapi teori itu terbantah saat kasus tersebut terulang kembali dan tersangka sedang dalam tahap pemeriksaan polisi.

Seorang anak laki-laki, dengan kondisi yang sama, alat kelamin dipotong. Berbedanya adalah kelima jarinya dipotong.

Honami makin gelisah dibuatnya. Maka ia berusaha mengintai seseorang aneh yang mengendap-endap di pinggir sungai tempat mayat pertama ditemukan. Ketika ia melaporkan hal tersebut pada polisi, polisi tidak menangkap orang tersebut. Maka Honami bertekad akan mencari tahu sendiri pelaku tersebut dan melindungi Kaoru dengan segenap hatinya.

Apapun akan ia lakukan untuk melindungi keluarganya.

Apapun ....



My Review


Aku sumpah senang banget dapat kesempatan review novel ini, soalnya novel ini udah masuk wishlist aku ketika novel ini diterbitkan sama Haru. Berhubung aku belum pernah baca karya Rikako Akiyoshi yang lainnya, aku dibuat SYOK sama novel ini.

GILA!! ini terlalu gila untuk jadi bacaan ringan!!!  Aku maki dalam hati pas aku menutup halaman terakhir buku ini.

Gimana enggak, Rikako Akiyoshi bahkan sudah memperkenalkan pelaku kejahatan ini adalah seorang remaja bernama Makoto. POV yang dipakai memang orang ketiga, tapi bergantian antara kehidupan Honami dan Makoto. Disini aja, aku udah dibuat tanda tanya sama Rikako Akiyoshi. Apa maksudnya coba udah ngebongkar siapa pelakunya di bab bab awal.

Dalam pikiran aku udah terbentuk dugaan-dugaan tentang Makoto ini. Bisa aja Makoto ini Cuma kedok yang terdapat di novel-novel kriminal pada umumnya. Terus dugaan itu terbantah saat Rikako Akiyoshi membeberkan cara kerja Makoto mulai dari membujuk, membunuh dan membersihkan korbannya.

Kalau dilihat-lihat review di atas kayak spoiler kan?

Jangan salah, dan jangan terkecoh. Itu bahkan belum apa-apa kalau baca halaman-halaman selanjutnya. Kalian pasti bakal maki-maki dalam hati juga pas faktanya udah ketahuan.

Alurnya terasa kecepatan, tapi anehnya aku ngerasa pas-pas aja. Maksudnya sih, dengan jumlah halaman 284 di dalamnya udah ada investigasi, intrograsi para tersangka dan sesi tanya jawab, semuanya dirangkum dengan pas. Kalau kalian terbiasa baca novel genre kriminal yang terjemahan barat (taulah isinya kalau novel barat itu penjelasannya bisa panjang dan berlembar-lembar Cuma untuk bahas satu masalah) pasti bakal bilang novel ini rada kecepatan.

Di novel ini juga kita akan disuguhkan cerita gimana Honami bisa punya anak. Dengan segala kemustahilan dan beberapa kali gagal, membuat Honami hampir putus asa. Bayangin aja, ia baru bisa punya anak sekitar umur 40tahunan. Padahal usia ideal punya anak itu sekitar 20an – 30an. Mengingat kondisi tubuh yang masih prima dan bisa ngerawat anak-anak dengan maksimal. Aku tersentuh banget gimana Honami memperjuangkan setiap harapan yang ditawarkan. Mulai obat-obatan dan suntik hormon yang buat mood dia jadi kacau balau dan lain-lain. Buat aku ngehargai kesehatan aku sendiri. Bersyukur kalau aku tidak mengalami kesulitan apa-apa ketika hamil dan melahirkan. Dan aku ngerasain gimana perasaan dia pas tahu ada kejahatan yang mengintar putri kecilnya. Putri yang susah payah ia dapatkan.

Ending?

JANGAN TANYA ....

Pengen menjerit tahu nggak. Aku cari-cari potongan info dimana di halaman novel tersebut yang menyebutkan bahwa bahwa  ..... ah nggak bisa cerita. Pokoknya endingnya benar-benar nggak terduga. Nggak terdeteksi dan nggak ada tanda-tanda ngarah kesitu.

Cuma satu hal yang bikin aku risih dari novel ini.

Aku punya seorang putra dan masih berusia dua tahun. Pas baca korban di novel ini adalah anak laki-laki dan dibunuh dengan sadis membuat aku geli sendiri. Buat aku ngerasa benci sama pelaku, dan buat aku apa ya .. perasaan nggak rela. Alasan apapun yang melatar belakangi pelaku, aku rasa itu terlalu sadis. Apalagi pas baca bagian Makoto yang step by step gimana “mengerjakan” korbannya.

Mungkin ini alasan kenapa novel ini masuk ke dalam kategori Dewasa. Dan di dalam novel ini banyak informasi keren tentang hamil lho. Yah untuk nambah-nambah ilmu biologi di SMA cocoklah.

Secara keseluruhan, novel ini GILA. Dan aku rekomendasikan buat pecinta thriller, misteri, dan crime di luar sana.

Dan jangan lupa ikutan giveaway setelah postingan ini ya.

Sampai jumpa di review selanjutnya ^^

***

G+

39 komentar:

  1. Ini sih emang gila. Masih SMA? Penasaran sama motif dan latar belakang Makoto deh. Pasti banget deh ngilu dan geli ya, secara korbannya itu dihabisi secara sadis gitu.

    BalasHapus
  2. Aduh jahat banget sih nmsak tega membunuh anak dengan cara sadis seperti itu. Pelakunya psikopat mungkin?

    BalasHapus
  3. wah udah lama nih enggak ketemu buku thriller yang mantaps.
    referensi nyari di buku belum tahu banyak, saya lebih banyak dapat thriller di film.
    oh iya mbak kalau kebetulan lagi cari tips fotografi mampir juga dong ke blog saya
    gariswarnafoto[dot]com
    yuk mariii

    BalasHapus
  4. Setelah membaca reviewnya yakin sekali saat membaca novel ini pasti menguras segala macam emosi. Haru, sedih, marah, terkejut dan syok

    BalasHapus
  5. makin penasaran sama keseluruhan ceritanyaa... Aku pecinta novel misteri dan punya anak umur tiga tahun juga ... berani nggak yaaa bacanya?

    BalasHapus
  6. kebanyakan novel bergenre misteri, thriller, dan crime emang suka bikin pembacanya gregetan. kalo dilihat dari reviewnya sih, novel ini berpotensi bikin gregetan banget. apalagi sampai dibilang novel ini GILA. segila apa sih? jadi pengin baca sendiri deh.

    BalasHapus
  7. Novel dengan cover dengan aura misterius. Aku yakin novel ini sama unpredictable nya dengan dua novel Akiyoshi Rikako sensei yg lain yakni GITD dan the dead returns.

    BalasHapus
  8. Dikasih jawaban dari awal memang sulit dipercaya. Kalo aku baca pasti juga ngga bisa langsung iya dia pembunuhnya,paling pengalih perhatian. Ternyata!!!!
    Bikin ngiler ya bukunya,makin bernafsu untuk mempunyai karya Akiyoshi ini. Mudah-mudahan kali ini dewi fortuna berpihak padaku😊

    BalasHapus
  9. Genrenya thriller dan pakai Ibu sebagai heronya. Aku rasa pas, setiap Ibu memang akan selalu jadi hero untuk anak-anaknya.

    BalasHapus
  10. Masih SMA? Sejenis sama kayak yg Girls in the dark. Kisahnya juga SMA. Pembunuhnya. Hahahahahaha semacam gangguan jiwa. Saya suka saya suka saya suka 😆😆😆

    BalasHapus
  11. Sebelumnya, aku tidak begitu suka cerita Horor dan thriller, kecuali dulu aku pernah baca Obsesinya kak L*xie Xu, dan ternyata bagus. tp setelah itu, aku tidak ada minat sekali pun, buat baca buku horor lagi. Terlaku serem ah~
    Tapi,
    Nggak tau kenapa pas ada kuis buku ini, aku mendadak pengen baca. mungkin karena temanya yg luar biasa menggugah naluriku Juga adanya sosok 'Ibu' yg akan menjadi tokohnya.

    BalasHapus
  12. Dari judulnya aja udah misterius banget, apa lagi isinya pasti penuh misteri.

    BalasHapus
  13. Yups, sempat memaki dalam hati, baru juga kursor dikit eh udah ketahuan si tersangka siapa.. Tapi, kayaknya beneran cuma jebakan aja kali ya..

    BalasHapus
  14. Dari awal udah dikasih tau siapa tersangkanya?!
    Langkah yang cukup berani bagi sang penulis. Karena kebanyakkan orang yg pengen baca pengen tau siapa sih dalang dari pembunuhan dan pemerkosaan ini.
    dan dia adalah Makoto? yang masih SMA? aku gak bisa bayangin....

    uaaaaa... merinding!!!

    BalasHapus
  15. Selain kovernya yang agak seram, saya tertarik sama komen-komen pembaca yang bilang kalau ceritanya ‘sampai nggak nyangka’ gitu. ‘Menipu’ dan sebagainya. Karena itu, saya memasukkan novel ini dalam datar novel yang musti nangkring di rak buku. Padahal, saya tidak pernah melirik dua novel Rikako Akiyoshi sebelumnya

    BalasHapus
  16. jujur aku ga terlalu tertarik baca buku thriller gitu. tapi setelah membaca beberapa review blog buku tentang novel ini aku jadi penasaran pengen baca. kayaknya keren bangettt gitu yaa

    BalasHapus
  17. Ya ampun,, tambah penasaran banget

    BalasHapus
  18. Aaaaa twist buku ini katanya gila banget, endnya pasti tak terduga, bikin penasaraaan

    BalasHapus
  19. Temenku punya buku ini, kayanya emang endingnya luar biasa nggak ditebak, ya ampun aku penasaran bangeeet :D

    BalasHapus
  20. Apa Rikako Akiyoshi ini akan menjadi pengganti Agatha Christie yang kerennya ga ketulungan, aku rasa Akiyoshi fans beratnya Agatha Christie deh :D

    Makin penasaran sama jalan ceritanya nih, setelah sebelumnya kepincut sama kaver dan blurbnya :)

    BalasHapus
  21. Makoto ... akankah dia seorang psikopat sadiss atau ada alasan yang kuat untuk melakukannya?
    yep, two thumbs up for Akiyoshi Rikako

    BalasHapus
  22. Iyuuuww makin penasaran segila apa sih

    BalasHapus
  23. Aaah..reviewnya bikin mellow!! Ceritabya lengkap kayak gado-gado ya!! Jadi penasaran :D

    BalasHapus
  24. Sumpah, penasaran bgt dimana-mana pada bilang plot twistnya tuh wow bgt, intriguing dan gak bisa ditebak. Aaaarh mau baca ih.

    —amelia shinta

    BalasHapus
  25. novel yg mangangkat tentang ibu :* suka sekali..

    BalasHapus
  26. Aku termasuk penggemar cerita-cerita thriller. Kayaknya buku ini WAJIB kubaca. Aku paling suka sama kasus-kasus kriminal, detektif dan pembunuhan yang dilakukan psikopat. Baca sinopnya, kayaknya seru nih... :D

    BalasHapus
  27. Yang bikin penasaran dari novel ini tuh katanya 2 novel Akiyoshi sebelumnya (Girls in The Dark dan The Dead Returns) itu "nggak ada apa-apanya" dibanding Holy Mother ini. Ya ampun, emang segila apa sih twist nya? Akiyoshi ini suka banget ya bikin pembacanya dapet heart attack :D

    BalasHapus
  28. jadi ikut ngelu sendiri kalau baca penjelasannya. apalagi aku gampang serem kalau berkaitan dengn makhluk hidup itu.
    beneran keren ya twistnya?

    BalasHapus
  29. Novel ini memang membeberkan cara mutilasi kepada korban terlebih pada anak kecil, bukan? Ya sudah pasti ini seharusnya dibaca oleh pembaca kategori dewasa karena bagi yang masih di bawah umur bisa menyebabkan traumatis dengan membayangkan adegan-adegan keji tersebut.

    Jadi, dari 3 novel Rikako yang sudah diterbitkan oleh Haru, sepertinya di Holy Mother ini yang twist nya paling tajam. Setodaknya itu yang sayabtangkap dari beberapa review yang ada.

    This Holy Mother author is also a Holy Twister.

    BalasHapus
  30. Oh jadi ini bkn spoiler kan? Huft.... Aku sebagai penikmat genre misteri ingin mnmbah buku ini lhoo. Aku udah punya yg girl in the dark sama the dead return... Makannya pengin ikut GA ini...5of5 waaa berarti top banget yaa...

    BalasHapus
  31. Kira-kira apa ya motif si pelaku?

    BalasHapus
  32. aku jarang sekali membaca novel dengan genre sprti ini tapi stLah mmbaca review ini jadi trtarik untk membacanya

    BalasHapus
  33. dan supaya apa reviewnya ini membuat aku gregetan akan novel yang mulanya ku tebak hanya kasih sayang ibu dan anak biasa. tapi nyatanya novel ini berisi akan 3 hal yang kusukai: misteri, detektif dan kasih sayang ibu.

    BalasHapus
  34. Novel ini jg masuk dalam wishlist aku.
    Aku sudah baca 2 novel Rikako Akiyoshi. Dan, dari 2 novel itu, aku cukup suka sama gaya bercerita penulis ini. Makanya, pas novel ini muncul, aku berharap bisa baca novelnya.

    Dan sialnya, setelah baca review di atas, aku makin pengin baca banget T.T

    Aku tertarik dengan teknik penulis ini bercerita. Dia sudah membongkar siapa pelaku di bab awal. Nah, kalo biasanya pelaku itu rahasia, ini malah bukan rahasia lagi.

    Penasaran banget deh.
    Reviewnya kece.

    BalasHapus
  35. Klo disuruh baca review tu sebenarnya aku suka takut2 krna malah jd bikin tmbah pnsaran aja kan. setelah aku baca review ini, ya iya beneran jd tmbah pnsaran jadinya :(
    Klo biasanya cuma suka baca cerita tentang kasus kejahatan melalui komik conan, aku jg mau coba baca dlm versi novel yg ktanya seru bgt ini. Apalagi di novel ini sngat melekat dg sosok ibu ><

    BalasHapus
  36. GILA. Cukup satu kata, dan novel ini langsung melesat ke jajaran wishlist novel nomor 1. Waah.. baca spoiler dikit udah degdegan, apalagi baca keseluruhan bukunya? Sepertinya emang bener2 harus refreshing sama novel dengan tema menantang seperti ini :)

    BalasHapus
  37. 1 hal yg jdi pertanyaanku. Honami itu siapanya kaoru? Knapa diakhirnya meleset ke makoto, aku tau sebenernya makoto itulah ibunya. Tpi... knapa selama dalam drama honami benar benar tercerita dsitu perjuangannya memiliki seorang anak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai cindy .. pertanyan kamu kalau aku jawab di sini bakal spoiler. Lebih baik kamu email aku aja oke ^^ atau bisa tanya via fb Neneng Lestari/Twitter @ntarienovrizal

      Hapus

Berikan komentarmu disini

 
;