Kamis, 08 September 2016

Repost: P.S. I Still Love You - Jenny Han



P.S. I Still Love You
by Jenny Han
Penerbit Spring
Penerjemah by Airien Kusumawardani
Cetakan ke-1; September 2015; 356 hlm
Rate 5 of 5
beli di bukabuku.com



Lara Jean tidak mengira akan benar-benar jatuh cinta pada Peter.

Dia dan Peter tadinya hanya berpura-pura. Tapi tiba-tiba saja mereka tidak lagi pura-pura. Sekarang, Lara Jean tambah bingung dengan perasaanya dan juga dengan situasi yang dia hadapi.

Saat seorang pemuda dari masa lalunya tiba-tiba kembali ke dalam kehidupannya, percikan yang pernah ia rasakan pun kembali. Bisakah seorang gadis jatuh cinta pada dua pemuda sekaligus?

Buku ini adalah sekuel dari To All the Boys I’ve Loved Before, tempat kita bisa merasakan cinta pertama lewat Lara Jean.

Cinta tidak pernah mudah, tapi mungkin itulah yang membuatnya luar biasa.

Lara Jean bingung ingin menyerahkan surat cintanya kepada Peter atau tidak. Kenangan mereka saat menjadi kekasih pura-pura rupanya telah meninggalkan bekas dihati keduanya.

Setelah pengusiran dari rumah beberapa waktu lalu mereka sama sekali tidak berkomunikasi. Dan tibalah saatnya, di malam tahun baru Lara Jeanatas desakan Margot untuk menyerahkan surat cinta itu, dibantu oleh Kitty sebagai penyemangatnya membuat Lara Jean bersemangat. Tapi sayangnya, ketika sampai di rumah Peter, laki-laki itu malah bersikap acuh pada Lara Jean.

Lara Jean dan Peter membangun kembali hubungan itu. Memulai apa yang sudah mereka lalui dulu. Banyak yang mendukung hubungan itu, termasuk Kitty yang sangat menyukai Peter. 

Awal yang indah memang bagi Lara Jean, tapi ketika ia menonton video “hot”-nya bersama Peter saat berwisata di pemandian air panas─yang ternyata telah menyebar luas tidak ada kata baik-baik saja bagi Lara Jean. Video itu terlihat seakan-akan Lara Jean sedang berhubungan badan dengan Peter. Lara Jean curiga bahwa Genevievemantan Peter lah yang melakukan itu semua.

Dan masalah pun di mulai.

Lara Jean yakin Genevieve lah pelakunya, dan Peter membelanya. Tidak sampai disitu, kedekatan Peter dengan Genevieve membuat Lara Jean panas dingin menghadapi situasi hubungan mereka. Peter sering SMS-an dengan Genevieve dan mereka masih sering bertemu dengan sepengetahuan Lara Jean maupun tidak. Dan Genevieve muncul di pesta Kapsul Waktu bersama Peter, padahal Lara Jean tidak mengundangnya.

Munculah John Ambrose McClaren, salah satu cowok yang mendapatkan surat cinta Lara Jean, kembali ke kehidupan Lara Jean. Sikap dan perilaku John sangat memikat dimata Lara Jean. Tanpa sadar, Lara Jean mulai dekat dengan John.



My Review


Pas nyelesaikan novel ini. Campur aduk perasaan. Aku tidak begitu suka dengan cerita romance, tapi novel ini berhasil memikat aku dengan ceritanya yang sederhana. Maksud aku, bukan sederhana dalam gaya tulisan. Tapi novel ini tidak fokus ke bagian romancenya, jadi pas sekali-kali ada bagian yang sweet, bisa bikin senyam senyum

Walaupun novel ini merupakan sekuel dari To All the Boys I’ve Loved Before tapi disini kita akan disajikan konflik yang berbeda dari novel sebelumnya. Novel ini hanya memperjelas status Lara Jean-Peter yang sempat menggantung di novel sebelumnya. Jadi bagi yang ketinggalkan baca novel pertamanya, gak usah khawatir bakal “buta” sama alur ceritanya. Bahkan Josh yang dulu pernah ditaksir Lara Jean, tidak mendapat porsi yang special di novel ini.

Cerita Lara Jean  kali ini, bagaimana ia resmi jadian dengan Peter dan  masalah yang harus di hadapi. Video hot mereka dan belum lagi Genevieve-Peter menjadi dekat dan menyimpan suatu  rahasia di belakang Lara Jean. Salut sih sama keteguhan  Lara Jean yang berusaha mati-matian  mempercayai Peter untuk menghindari keributan, sampai puncak kesabaran Lara Jean ketika Peter memeluk Genevieve. Dan menurut aku, apapun alasan Peter, hal itu memang keterlaluan. Lalu sang pangeran penyelamat John pun hadir tepat waktu, menawarkan persahabatan yang membuat hati Lara Jean menghangat. Apalagi pas adegan main salju itu, ya ampyyuunn meleleh kayak mentega terkena panas ^^

Banyak hal yang aku suka dari novel ini. Ulah Kitty yang menggemaskan, keakraban Lara Jean dengan penghuni Panti Jompo, terutama Stormy dan Alicia, serta usahanya untuk memeriahkan pesta bulanan di Panti tersebut. Lalu Peter yang kadang-kadang cemburu dan sikap jantan John yang bikin hati meleleh. Sebenarnya kisah persahabatan Genevieve-Lara Jean bisa aku masukan dalam  hal yang aku suka, Cuma entah kenapa mengetahui fakta di balik itu membuat aku ikut menyalahkan Lara Jean.

Intinya, cerita ini benar-benar romantis dengan  caranya sendiri, dan ciuman panjang antara Lara Jean-Peter  menjadi bumbu pelengkap kisah manis mereka.Cuma sudut pandang aku sebagai emak muda yang udah punya anak  *Ngerasa tua banget haha* aku akan ngebatasi usia remaja yang membaca buku ini. Mungkin diberi ranting ada bagusnya juga kali yah ... Lebih bagus lagi rantingnya ditaruh di cover depan, jadi para orang tua bisa mengontrol seberapa  remaja untuk boleh membaca novel YoungAdult tersebut. Soalnya ada beberapa bagian dari percakapan yang mendiskusikan kapan harus berhubungan badan. Seolah-olah percakapan itu hanya sekedar percakapan untuk memilih pakaian yang harus di gunakan.

OMG ... mereka masih remaja belasan tahun dan ngebahas berhubungan badan? Kalau diingat-ingat, aku masih berkutat dengan komik detektif conan waktu umur 16 tahun .... Yang pasti, anak SMP aku larang keras baca novel ini.

Secara keseluruhan, aku sangat menikmati membaca buku ini. Konflik yang mendebarkan, dan penyelesaian  serta ending yang *ehem* diakhiri dengan Lara Jean-Peter di rumah pohon. SUKA BANGET !!!
“Lara Jean, menurutku kau setengah jatuh cinta dengan semua orang yang kau temui. Itu bagian dari pesonamu. Kau jatuh cinta dengan cinta.” hal 323



G+

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentarmu disini

 
;