Senin, 25 Juli 2016

[Review Buku] (S)He Is My Girl - Chyntia Yanetha

Bisa di beli di bukabuku.com

(S)He Is My Girl
by Chyntia Yanetha
Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
Editor : Irna Permanasari
Desain Sampul : Orkha Creative
Paperback, 240 pages
Published June 15th 2015 
Rate 3 of 5 
Format ebook via iJak

Di kali keempatnya mengikuti audisi Akademi Golden Voices, meski sempat mendapatkan penolakan pahit dari Phillip − si Tuan Arogan yang menjadi salah satu juri − akhirnya Alexa berhasil lolos. Tapi… bukan tanpa syarat. Syarat itu bahkan begitu tak masuk akal. Bayangkan! ALEXA HARUS MENYAMAR JADI LAKI-LAKI!

Alasannya sederhana, karena Phillip menganggap Alexa sebagai itik buruk rupa yang tidak menarik menjadi perempuan, tapi cukup menarik sebagai laki-laki. Tawaran itu begitu tidak masuk akal, sekaligus begitu menggiurkan. Tak mau menyia-nyiakan kesempatan, Alexa menerima tawaran itu. Lagi pula, Alexa memang sudah sering dikira laki-laki, jadi apa susahnya sih menyamar jadi laki-laki? Tapi, bagaimana jadinya kalau ternyata si Tuan Arogan malah jatuh cinta pada si Itik Buruk Rupa? Dan… apa iya, menyamar jadi laki-laki itu mudah seperti yang dibayangkannya?


Alexa harus menerima memilih antara dua piliha, merelakan mimpinya sebagai penyanyi atau mengikuti permintaan Philip, salah satu juri Golden Voice, untuk menyamar menjadi laki-laki. Ternyata, Alexa memilih menyamar menjadi laki-laki dan harus menerima perlakuan Philip yang seenaknya saja.

Saat di karantina, kedekatan Alexa dan Philip makin terasa. Bahkan Philip tidak segan-segan menunjukan perasaannya kepada Alexa. Lalu masalahnya timbul bertubi-tubi, salah satu konstentan yang ingin balas dendam pada Philip. Mantan Philip yang ngotot banget pengen balik dan Dikta yang diam-diam memperhatikan Alexa.

Ditengah ketidak nyamanan itu, Alexa harus tetap konsisten dengan penyamarannya. Kalau tidak, bukan hanya mimpinya yang dipertaruhkan, tapi karir Philip pun akan ikut hancur bersama mimpinya.



My Review


Baca review di Goodreads, kalau novel ini mirip dengan drama korea. Secara nggak langsung, mereka jadi ngebandingin novel ini dengan drama korea yang ide ceritanya mirip. Sehingga ekspektasi yang timbul terlalu tinggi.

Karena aku nggak pernah nonton drama korea, aku akan ngebahas ini dari sudut pandang aku sebagai cewek yang awam banget sama drama korea. Jadi murni review tentang novel ini aja. Biar adil gitu hehe

Aku suka banget sama idenya yang menyamar jadi cowok ini. Ingatin aku sama Film Hongkong kesukaan aku, Mulan. Tau dong kan wanita yang nyamar jadi prajurit pria. Aku udah nebak-nebak gimana penulis akan membawa kehidupan Alexa sebagai laki-laki ini. Meski nggak akan sama dengan Mulan, tapi aku udah ada bayangan pasti bakal akan ada adegan yang cute disini. Mengingat karakter Philip yang rada “aneh” haha

Suka sama interaksi romantis Philip-Alexa yang terkesan cute. Manis dan bikin senyam-senyum.

Sayangnya, untuk beberapa hal aku setuju banget sama reviewer yang lain, kalau kekuatan ide ini tidak di tampilkan secara maksimal. Seharusnya ada dong, kejadian-kejadian gokil yang terkait penyamaran ini. Banyak hal yang bisa di kembangkan dari ide ini. Misalnya ada cowok yang tiba-tiba tidur bareng alexa karena ngirain dia cowok atau apalah yang kejadian-kejadian gila yang menghibur. Terus perasaan Philip ke Alexa itu terlalu cepat. Aku nggak tahu entah kenapa ngerasa aneh pas baca Philip udah main naksir aja sama Alexa, Cuma gara-gara Alexa berenang.

Aku nggak pernah ngerasa aneh atau tidak suka dengan penulis indonesia yang mencoba menulis dengan bahasa baku. Malah aku suka banget dengan penulis yang memilih jenis tulisan seperti itu. Sayangnya, Chyntia kurang lihai memainkan bahasa baku tersebut. Jadi kelihatan aneh ketika di baca. Kurang pas. Aku nggak ngerti teknik penulisannya, tapi rasanya janggal. Entah dimananya yang bikin janggal.

Untuk endingnya, aku tidak bisa bilang suka. Karena endingnya, terlalu biasa dan tidak menyentuh jiwa.

Secara keseluruhan, aku menikmati baca novel ini. Asik buat teman baca dan nggak bikin puyeng. Dan cocok sih jadi bacaan remaja. Walaupun labelnya Young Adult, tapi aku tetap ngerasa novel ini lebih pantas menyandang Teenlit.

Sampai jumpa di review selanjutnya ^^

***
Tulisan ini diikutsertakan dalam:

G+

2 komentar:

Berikan komentarmu disini

 
;