Sabtu, 30 Januari 2016

Secret Santa 2015: Review Sycamore - John Grisham & Tebak Santa




SYCAMORE ROW
by John Grisham
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa oleh Lili Mayanti Boyton
Desain dan Ilustrasi sampul oleh Eduard Iwan Mangopang
Cetakan ; 640 halam
Rate 4 of 5


Jake Brigance, yang kariernya melejit dalam A Time to Kill, kembali terlibat kasus kontroversional, yang melibatkan sejarah rasisme di Ford County.
Seth Hubbard adalah pria kulit putih kaya yang sedang sekarat karena kanker. Sebelum gantung diri, Seth membuat surat wasiat kedua dengan tulisan tangan. Isi surat inilah yang kelak menyeret anak-anaknya, pembantunya yang berkulit hitam dan Jake Brigance, ke dalam konflik dramatis dan berkepanjangan. Sebab di dalam surat wasiatnya ini,Seth meninggalkan hampir seluruh hartanya untuk pembantunya. Apakah obat-obatan kanker itu membuatnya tak bisa berpikir jernih? Atau ada sesuatu yang selama ini disembunyikan rapat-rapat.

Perjalanan Jake untuk membela surat wasiat Seth benar-benar bikin kehidupan Jake terombang-ambing. Disatu sisi, ia merasa senang keterlibatannya dalam kasus ini. Karena ia yakin, bukan hanya kematian Seth yang menggemparkan, tapi surat wasiat yang ia tulis pun tidak kalah menggemparkan. Uang yang ditinggalkan pun tidak tanggung-tanggung, membuat semua pengacara ingin kecipratan sedikit uang tersebut. Jake merasa terhormat karena ia bisa mencicipi sedikit uang itukarena ia ditunjuk langsung oleh Seth untuk membela surat wasiat itu sampai titik darah penghabisan meski harga yang ia harus bayar setimpal.

Dipersidangan ia memiliki saingan berat. Wade Lenier, pengacara dari kantor hukum terkemuka dan sudah berpengalaman. Ia juga terkenal dengan trik-trik licik yang anehnya selalu terbebas dari hukum.

Dan pertarungan berlanjut. Hingga akhirnya Jake merasa membela surat wasiat tersebut adalah suatu kesia-siaan.

***

Ingatkan aku agar tidak memikirkan sedikitpun untuk menjadi pengacara!

Ini pertama kalinya aku membaca karya John Grishambiasanya aku lebih cenderung baca karya Agatha Christie dan Sidney Sheldon dan dia berhasil membuat aku jatuh hati dengan tulisannya yang super tebal. Oke mungkin gak semua bagian membuat aku jatuh hati, tapi ada beberapa bagian yang memang harus aku ancungi jempol.

Segala urusan sidang, pajak, saksi, juri dan hakim benar-benar memakan waktu lama. Belum lagi satu pihak menyatakan banding, maka sidang itu bisa berlangsung lama. Dan bagian itulah yang membuat eheem agak bikin ngantuk sebenarnya. Cuma karena kasus ini menarik dan banyak praduga apa yang membuat Seth berpikir seperti itu menjadi daya tarik sendiri buat aku.

Banyak yang menduga kalau Seth mengubah surat wasiat tersebut karena ada pengaruh Lettie di dalamnya. Intinya anak-anak Seth tidak menyukai fakta bahwa ayahnya sama sekali tidak meninggalkan harta benda apapun kepada anak-anaknya. Membuat spekulasi antar warga di kota kecil tersebut mengecam keberadaan Lettie. Anehnya setelah mengetahui Lettie mendapat durian runtuh, saudara yang tidak ia kenal datang menghampirinya dan menyatakan mereka sebagai saudara dekat.

Aku sangat menikmati bagian persidangan, pengumpulan saksi, konflik antar pengacara, dan paling bikin greget adalah ketika Jake sendiri mulai meragukan Lettie saat Wade membawa saksi yang “akurat” dan memojokan Lettie sebagai wanita yang suka mempengaruhi. Itu keren banget, gimana Jake marah dan merasa di bohongi.

Endingnya juga bahagia. Aku suka ending kayak gini, dalam hati sih kenapa gak kayak gini aja dari awal sehingga gak ada perebutan yang gak perlu. Haha ... kalau gitu gak seru kan ya, masa langsung tamat.


Uh gak nyesal masukin buku ini dalam daftar wishlist hingga sang Santa mau membelikannya untukku. Walaupun agak merasa bersalah karena harga buku ini bikin telen ludah glek haha ... belum lagi ongkirnya pake JNE kena sekitar 64ribu dari Jakarta glek glek

Dan berdasarkan hipotesis yang udah aku susun, ada beberapa hal yang bisa aku tarik:
1.      Sang Santa berdomisili di jakarta. Oke ini mungkin agak terlalu cepat aku tarik kesimpulan. Tapi hal ini berdasarkan beberapa fakta. Pertama: buku yang dikirim itu aku tebak dari toko buku, karena di dalam paketnya Santa menyelipkan sticky note dan notes. Kedua: karena di dalam paket sudah tersedia riddle yang memusingkan, artinya sang Santa yang memasukannya sendiri dan membungkus kertas kadonya sendiri. Ketiga: Alamat pengirimannya dari Jakarta. Cuma 1 hal yang buat aku ragu, kenapa riddle diketik sedangkan penulisan alamat menggunakan tulisan tangan?
2.      Sang Santa adalah seorang cewek. Ini aku tebak berdasarkan pemilihan Sticky Note yang lucu banget dan Notes yang sederhana.
3.      Sang Santa sudah bekerja atau punya penghasilan sendiri. Ini bisa dilihat dari harga buku yang mencapai 120ribu(kalau gak salah hehe), belum lagi sticky note dan notes. Bilanglah sang Santa menggenapkan agar pas 150ribu. Plus ongkos kirim yang bikin hayati melemah tidak berdaya *lebay wkwkwk
4.      Sang Santa punya ketertarikan yang sama denganku. Sama-sama menyukai dunia kriminal. Itu aku simpulkan berdasaran riddle yang ia kirim. Atau setidaknya dia punya selera buku yang sama denganku, agak gelap-gelap gimana gitu.
5.      Yang terakhir ini hanya firasat, tapi entah kenapa aku merasa Sang Santa mengenalku. Bukan kenal baik, mungkin hanya sepintas. Ini aku simpulkan berdasarkan kata-kata di awal riddle “Dear Neneng”. Biasanya, orang yang belum kenal aku atau belum pernah menyapa aku sama sekali, biasanya akan nanya aku lebih suka dipanggil dengan nama apa, Neneng atau Lestari.  Atau setidaknya sang Santa bisa membuat “Dear Neneng Lestari” bila memang belum pernah mengenalku.

Dan semakin banyak hipotesa yang aku susun, makin bingung pula aku menebak santaku dari sekian banyak peserta.

TAPI!!!!

Mendekati kewajiban aku untuk memposting ini, tiba-tiba ada satu profil yang rasanya cocok banget dengan bayangan aku. Meski gak 100% persis seperti hipotesa ngaco aku, tapi entah kenapa feeling aku bilang, "Pasti ini orangnya."  pas jalan-jalan ke fb-nya pun aku menemukan novel John Grisham dalam koleksi novelnya. Cara dia menulis profilnya pun sama dengan cara ia menulis riddle yang ia kirim ke aku. Terus saat aku ngelihat wishlist dia dan hadiah buku yang diterima (Dark Place by Gillian Flynn), aku makin yakin bahwa dia santaku. Karena seperti yang aku bilang, aku ngerasa dia punya selera buku yang sama denganku.

Hingga aku harus mengakui, bahwa hipotesa aku yang di atas aku tolak haha .... 

Tapi yang ini juga belum tentu betol x__x



Dan tebakan aku jatuh kepada Anastasia Cyntia Tanawi pemilik blog Jane and Her Bookienary

semoga tebakan aku benar ^^


G+

11 komentar:

  1. Lho? Riddlenya ganti?
    Perasaan kemarin riddlemu itu yang ngajak ketemu di tengah minggu.
    Kok jadi gambar di atas? O.o

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha Bukan ....

      itu gambar di atas profil si empunya Blog, rasanya kok gaya tulisannya sama dengan riddle. Makanya capture gambar itu disini ....

      Kayaknya harus di kasih keterangan deh x__x habisnya buru-buru ngepostnya hehe

      Hapus
  2. tengah minggu dimaksud sebenernya adalah rabu, merujuk ke meme yang duadain sang santa (sebagai host)
    dan neneng udah berapa kali ikutan kok
    coba liat logonya, ada kemiripan nggak ma riddlenya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Logo legendaris ya, mastez

      Hapus
    2. Rabu? Jangan bilang kalau ....

      argh brrt salah dong. Masih boleh ganti gak tebakannya?

      Hapus
  3. Dan apakah ada Santa yang dituduh lagi di sini? hohohohoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak nyangka cuma ikutan Secret Santa bisa dilema kayak gini haha ....

      Hapus
  4. Balasan
    1. Dan sepertinya, ada satu orang lagi yang sebenarnya tau identitas santaku ....

      bener gak Nina?

      T__T

      Hapus
  5. Selama Santamu belum ngaku, ganti identitas Santa juga gapapa :)). Atau nebak lebih dari 1 orang juga oke (asal yang satunya bener ya, hihihi)

    BalasHapus
  6. Halo Neneeeeng, salam kenal ya :D Aku santamu yang asli, bukan yang KW hihihi...
    Arti riddlenya persis kayak yang dibilang sama Tezar dan Dewi, mengacu pada logo meme Wishful Wednesday yang terbit setiap hari Rabu di blog aku :)

    Semoga suka sama hadiah2nya... dan sering2 mampir ke Wishful Wednesday ya :D

    BalasHapus

Berikan komentarmu disini

 
;