Senin, 21 Desember 2015

[BLOGTOUR] Review: Circo de Patrimonio by Sylvee Astri


Judul: Circo De Patrimonio

Penulis by Sylvee Astri

Penerbit de TEENS

Editor by Dyas

Cetakan Pertama; November 2015; 268 hlm

Tata Sampul by Stella Wenny

Rate 5 of 5



Casa de Patrimonio, sebuah panti asuhan yang melatih anak-anaknya manjadi pemain sirkus. Di tempat inilah, Frene si Pelempar pisau, tumbuh besar. Dia bertemu dengan Stella, seorang pecinta sirkus yang dilarang orang tuanya untuk menonton sirkus. Stella tertarik dengan Circo de Patrimonio, kemudian mengenal Luce, cewek yang sangat dicintai Frene, juga Cent.

Konflik terjadi, mulai dari cedera pemain, perizinan pertunjukan, permasalahan keluarga, juga percintaan.

“Awalnya Ella menolak. Tapi papamu terus memaksa. Akhirnya, Ella menuruti keinginan papamu. Ella terlalu percaya pada papamu, mungkin karena terbuai oleh ucapan manis papamu hingga mereka melakukan gerakan yang sangat berbahaya. Ella bergabung di udara, hanya dengan menggenggam tangan papamu. Mereka berputar cepat di atas, lalu pegangan papamu terlepas.”

Napas Stella tertahan.

Lepas?

***



Stella mencintai sirkus. Rasanya ia bisa berlama-lama menonton sirkus dan tidak akan pernah bosan dengan antraksi yang mereka tampilkan. Sebaliknya, orang tua Stella sangat membenci sirkus, kebencian mereka terhadap sirkus disebabkan oleh masa lalu yang fakta ironisnya penyebab mereka sangat mencintai sirkus. Untuk mencegah Stella terlibat dengan sirkus, orang tua Stella pindah ke kota Bilbao yang aman dari pertunjukan sirkus.



Stella berjumpa Frane, cowok penuh percaya diri, yang keahliannya melempar pisau. Berjumpa dengan Frane seperti menemukan oase di padang pasir. Frane pun senang melihat ada gadis yang antusiasnya begitu luar biasa hanya mendengar kata sirkus. Akhirnya Frane mengajak Stella untuk mengunjungi Circo de Patrimonio, tempat tinggal, sekaligus tempat latihan mereka. Stella memutuskan bergabung. Tentu saja ia melakukannya secara diam-diam.



Dan masalah demi masalah pun terjadi.




Cedera pemain, tidak adanya perizinan untuk tampil, masalah orang tua dan masalah hati yang di dera rasa cemburu dan timbul konflik antar pemain. Semuanya seakan menjadi ombak penghalang untuk tampil perdananya Circo de Patrimonio di Bilbao.



Lalu bagaimana Stella menghadapi orang tuanya yang mengetahui Stella bermain sirkus?



Masa lalu apa yang disembunyikan oleh orang tua Stella hingga melarang keras Stella untuk mengenal sirkus?



Dan bagaimana Circo de Patrimonio bisa mampu bertahan di tengah-tengah konflik yang melanda para pemainnya?



***



Novel ini adalah novel debut Sylvee Astri. Dan Novel ini merupakan salah satu dari 2 naskah terbaik dari 10 nominasi lomba novel yang di adakan oleh Penerbit DIVA Press



Saat aku memberikan ranting 5 dari 5 untuk novel ini, bukan berarti novel ini sudah sempurna. Melainkan karena aku sangat-sangat menikmati cerita ini hingga habis. Aku sangat menyukai tema dan alur cerita yang dibuat oleh Penulis.



Mungkin novel ini tidak semanis karya-karya Jenny Thalia Faurine, atau sekeren karya Chritian Simamora. Tapi harus aku akui buku ini punya jati diri yang gak pasaran. ni yang menjadi pertimbangan aku memberikan ranting 5.



Pertama dari tema yang diambil. Sirkus.



Siapa coba yang gak tau sirkus, tapi gak pernah ada yang mengangkat tema ini menjadi sebuah cerita remaja yang manis sekaligus mengandung unsur persahabatan dan keluarga yang begitu erat. Dan penulis sangat serius sekali saat membahas tentang sirkus, rasanya aku menduga-duga bahwa si Penulis adalah salah satu pecinta sirkus seperti Stella atau mungkin salah satu pemainnya hehe ... Cuma dugaan kok ^^ habisnya deskripsinya itu detail dan kayak benar-benar  membawa pembaca ada disana.



Kedua adalah setting novel ini.



Biasanya penulis lokal lebih memilih negara-negara yang terkenal dengan keromantisannya untuk sebuah novel percintaan. Tapi disini, penulis mengambil setting kota Bilbao yang merupakan kota berkembang di negara Spayol.

Bekas kota industri yang sedang mempercantik diri dengan bangunan-bangunan futuristik. – hal 7

Ketiga adalah karakter.



Antara karakter satu dan karakter lainnya itu sangat berbeda. Frene yang keras kepala, penuh percaya diri tapi luluh di hadapan Luce. Cent, cowok perfect yang bisa membuat gadis mana pun jatuh hati padanya, menyukai Stella. Nate cowok usil yang serba tau alias biang gosip. Dan terakhir Luce, cewek mungil yang selalu membuat hati Frane jungkir balik. Mereka tokoh yang berperan dalam novel ini dan semuanya sangat menghibur. Aku suka semua karakternya, kecuali Frane yang keras kepalanya itu tingkat dewa >.< 



Konfliknya pun beragam. Mulai dari cedera pemain, kemunculan ayah Luce, perizinan mereka yang bakal di cabut dan lain-lainnya. Dan cara penulis menyelesaikan konflik ini gak sama sekali terkesan terburu-buru. Mereka pada posisi yang pas dan pada saat yang tepat. Meski aku rasa konflik muncul agak terlalu lambat, yaitu pertengahan novel. Tapi itu gak menganggu sama sekali. Endingnya pun bikin hati berbunga-bunga. Oh Frene ... Aku benci ketika dia begitu keras kepala untuk menolak kehadiran ayah kandungnya tapi sekaligus aku jatuh hati pada Frane saat mendekati ending *Pembaca Plin Plan ^^



Dan Cent? Apa harus aku ceritakan tentang cowok perfect ini? Kayaknya gak usah deh, biar kalian merasakan sendiri bagaimana gregetnya “rencana diam-diam” nya yang bikin Frene marah + benci sama dia.  



Masalah percintaan oke. Persahabatan juga sip. Kekeluargaan juga mantap, meski porsi keluarga agak kurang ditonjolkan. Padahal novel ini terkait dengan tema kekeluargaan.



Gara-gara cover buku ini, aku makin bisa membayangkan bentuk kemah sirkus Circo de Patrimonio, karena gambar cover itu adalah warna dominan yang di pakai oleh Frene dan kawan-kawannya.



Overall aku suka buku ini. Sangat aku rekomendasikan untuk segala umur. Karena ceritanya penuh makna dan sarat akan hiburan. Benar-benar terhibur deh pas bagian sirkus-sirkusnya.


***


Selanjutnya, jangan lupa ikutan Giveaway yang di adakan oleh Penerbit DIVA Press ya ... 

Baca syarat dan ketentuannya disini ^^ 》》 GIVEAWAY Circo de Patrimonio





G+

27 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Halo, saya tertarik sekali dengan novel ini karena alasan utamanya kenal sama penulisnya sih, dan pernah baca tulisan dia tapi bukan bentuk novel dan suka sekali. Lalu setelah baca review dengan kelebihan2 yang sudah dijabarkan dengan baik (terutama karena plotnya yang menarik dan nggak mainstream) jadi semakin pengen baca, plus covernya yang bagus banget jadi menarik sekali. Semoga bisa baca novelnya!

    BalasHapus
  3. Covernya menarik jadi pengen baca dan genggam bukunya hehe XD menurutku tema yang diambil sangatlah unik dan tidak pasaran. Aku juga pecinta sirkus sama seperti stella. Melihat pertunjukan akrobat yang hebat dan mendebarkan itu seru. Ya walaupun semuanya tidak berjalan mulus karena orang tua stella melarangnya untuk ikut sirkus. tapi kan tidak tahu kedepannya bagaimana. Mungkin saja mereka pada akhirnya setuju. Aku jujur gak tau kalo ada tempat bernama Bilbao baru pertama denger juga. Tempat dan tema novel ini Anti-Mainstream ya keren cocoklah dikasih rating 5.

    Penasaran abis sama novel ini. Semoga ini akan jadi novel perkenalanku dengan penulis yang baru debut kak Slyvee Astri ^_^

    BalasHapus
  4. Sebenarnya kalau dari review aku belum puas:'3 masih terlalu penasaran. Aku ga terlalu suka kisah percintaan tapi pas melihat kata kekeluargaan, persahabatan, dan percintaan seketika aku berpikir apakah novel ini menjadi suatu perpaduan yang pas sehingga tak bisa di tinggalkan begitu saja? Aku suka banget covernya, warnanya ungu menggemaskan, warna favorite sebenarnya-,- tapi kalau di lihat-lihat seperti buku anak-anak yang tak membosankan. Apakah di dalamnya juga penuh dengan warna warni, sehingga mata pembaca akan di manjakan olehnya? Kalau masalah setting aku pernah sempat denger nama kotanya dan barusan aku habis googling:v aku bingung sebenarnya, mengapa harus mengambil setting yang kurang famous? Dan sulit di bayangkan? Aku yakin pasti penulis memiliki maksud dan tujuan tertentu. Tapi hasil googling yang sudah ku lakukan membuatku membayangkan tempat tersebut dengan pertunjukan sirkus *Ngayal dulu* kalau di lihat dari konflik kayanya bukan konflik biasa seperti di dalam novel yang lain, aku pikir novel ini sedikit menyajikan sesuatu yang 'berbeda' tapi dengan perbedaan itu seperti mengunggah hasrat untuk membacanya. Aku penasaran dengan sosok cent. Apakah stella bakal sama cent? Atau sama frane? Tapi kan frane punya luce? Eehhh penasaran tingkat dewa kalau gini-_- jadi ngiler:3 oh iya arigatou gozaimasu untuk GA ini, kali aja rezeki, kali aja memiliki kesempatan menang:3 walau kesempatannya mungkin sekitar 1% wish me luck and goodluck for everyone;)

    BalasHapus
  5. waaahh., pertama liat coverna, eye-catching gitu.. aku langsung tertaarik karena coverna cakep dan full-color.. :3

    setelah liat cover, coretan reviewna juga bikin hati jadipenasaran.. seperti apa cinta yang terjadi di dalam kelompok sirkus? :D
    setauku, sirkus itu cuma pertunjukan hewan dan kelenturan tubuh main di tali-tali yang digantung tinggi.. apa di sini juga sirkus yang macem itu? :3

    Circo, semoga kita berjodoh.. ^^/

    BalasHapus
  6. Membaca review sekilas novel ini sangat menarik. Aku tertarik dengan tema yang ditawarkan, tentang seluk beluk dunia sirkus. Yang mana jarang banget penulis yang mengambil kehidupan pelaku hiburan ini.
    Aku sangat penasaran dengan hal-hal yang berhubungan dengan sirkus, bagaimana perijinannya, latihan yang dijalani para pemain, cedera yang kerap menghampiri dan kisah cinta yang menghinggapi hati para pemain sirkus.
    Kovernya cantik banget, manis berasa buku dongeng anak-anak. Suka.~

    Semoga novel ini bisa jadi perantara bagi perkenalan manisku dengan mba Sylvee.

    BalasHapus
  7. Saat ini aku sedang haus untuk membaca, terlebih setelah membaca Review dari Neneng Lestari ini, cover nya juga so colorful selain itu juga kata-kata di cover "jadikan harimu seindah taman dona casilda iturrizar" semakin membikin penasaran untuk membaca selengkapnya buku ini

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Wah, sampai dibandingin dengan karya Abang Ino. Kayaknya beneran bagus nih ceritanya ^^ Temanya juga unik, itu yang membuatku tertarik untuk bisa berjodoh dengan buku ini. Soalnya, sangat jarang ada novel yang mengangkat tema sirkus untuk ide ceritanya. Selain itu, aku cukup penasaran dengan kisah cinta dengan bumbu kecemburuan didalamnya. Apakah ada kisah cinta segitiga ? Mungkinkan antara Frene, Stella, dan Luce ?. Ataukah cinta bujur sangkar ? Karena Cent suka dengan Stella.. Memikirkan novel kisah percintaan terkadang membuat aku pribadi senyam-senyum sendiri ^^v

    Dan, setelah beri komentar di review ini, rasanya aku pengen search di google tentang kota Bilbao~~

    BalasHapus
  10. Sekilas membaca pemaparan yang runut dan jelas dari review di atas. Sedikitnya Saya menemukan sesuatu yang baru, kisah yang menarik juga tentunya unik, kisah percintaan, persahabatan serta kekeluargaan memang sudah seringkali mewarnai literasi tapi Circo de Patrimonio mengangkat tema yang cukup menghebohkan; Sirkus. Jujur saja, dari kecil Saya suka sekali dengan hal-hal menakjubkan salah satunya yah sirkus, karena pertama filosofi dari permainannya sangat luarbiasa; keyakinan, keuletan, ketangkasan, keberanian, kepercayaan terhadap diri juga penghargaan untuk sebuah karya. Kedua kebersamaannya yang menjadikan semua bersatu. Kalu untuk menontonnya Saya sudah sangat sering tapi membaca kisah dari permainan sirkus sangat belum sama sekali. Penasaran dengan kisahnya dan ending yang akan disuguhkan pada pembaca. Setting tempatnya juga akan jadi pengetahuan tambahan. Love it.

    Terima Kasih!

    BalasHapus
  11. Covernya bagus, sirkus banget. Salah satu novel yang unik menurutku dengan settingnya seputaran sirkus di luar negeri. Pengen ngerasain sensasi sirkus terkenal melalui novel ini.

    BalasHapus
  12. Review bikin aku penasaran dengan cerita keseluruhannya. Aksi Stella yang diam-diam datang ketempat sirkus pasti penuh perjuangan. Dan aku juga penasaran dengan tokoh Cent yang perfect.

    BalasHapus
  13. Saya sangat ingin membaca novel ini. Sekilas membaca sinopsis dan juga review sederhana, mengenai sebuah ‘masalah’ dan juga balutan ‘asmara’ membuat saya bersemanagt sekali. Tentu, di dalam sebuah hubungan, terdapat masalah. Baik yang berasal dari pacar, hubngan dengan orang tua, atau yang lainnya. Juga, dalam sebuah atraksi Sirkus sebagai tema besarnya. Selain itu, setting novel dengan daerah Bilbao, Spanyol akan membuat novel ini semakin menarik untuk dibaca.

    BalasHapus
  14. Saya sangat penasaran dengan cerita sesungguhnya dari novel ini. Karena dari berbagai macam novel yang saya baca keseluruhan temanya didominasi dengan cinta. Namun novel ini berbeda. Dengan mengambil tema utamanya yaitu sirkus membuat novel ini akan semakin menarik untuk dibaca. Dimana novel dengan tema seperti itu sangat jarang kita jumpai sehingga jika kita membaca novelnya akan membuat suasana baru dalam pengalaman membaca kita. Buku ini sangat direkomendasikan sekali. Pengen banget punya novelnya. Hihihi :D

    BalasHapus
  15. Covernya bagus ya :3 (salah fokus)
    Eh tapi gak bohong! Covernya cantik banget! Temanya tentang sirkus, duh penasaran! Ceritanya juga kayanya asyik, seru, unik, dan menarik! Konfliknya kompleks, dan semoga penyelesaiannya juga oke :D Semoga berjodoh ^^

    BalasHapus
  16. Aduh ini ada novel yang greget gini bikin jadi nggak bisa tidur aja (abaikan plis) Btw, baru baca resensinya aja udah penasaran gini gimana kalau beneran baca. Konfliknya kayaknya bisa tuh bikin orang yang baca novelnya untuk namatin buku ini secepatnya. Yeaaahh! Semoga bisa menjadi bacaan akhir tahun ini :*

    BalasHapus
  17. Saya suka hal-hal anti-mainstream :)
    Dengan tema, ide cerita, paduan konflik, karakterisasi, dan unsur-unsur lain yang menarik dari novel ini, saya semakin ingin memilikinya. Saya sepakat dengan Kakak, bahwa kisah yang menjadikan sirkus sebagai ide utama cerita ini beda dari yang lain. Belum banyak penulis Indonesia yang 'berani' mengupas gagasan anti-mainstream seperti ini, tapi penulis sudah membuktikan bahwa penulis Indonesia pun dapat melakukannya; menciptakan celah dan melakukan terobosan. Buktinya, novelnya menjadi salah satu dari 2 naskah terbaik dari 10 nominasi lomba novel yang di adakan oleh Penerbit DIVA Press, 'kan? :) Saya sangat menantikan kesempatan untuk dapat menikmati kisah Circo De Patrimonio.

    BalasHapus
  18. Pengen banget deh baca nih buku, soalnya baru baca sinopsisnya aja menarik hati banget..

    BalasHapus
  19. Aku tertarik dengan novel ini karena ada teman goodreads yang memberi rating 5 bintang di tengah-tengah maraknya rating 2-3 bintang di beranda goodreads-ku. Tentu ini merupakan angin segar bagiku. Akhirnya aku kepoin novel ini dan sayangnya aku ketinggalan dengan blog-blog sebelumnya. Dan aku optimis untuk mengikuti di Ring Ding Dong ini.
    Ternyata novel ini nggak cuma bahas kisah cinta. Aku seneng banget karena novel ini mengulas tentang cedera pemain, perizinan untuk tampil, masalah orang tua dan masalah hati. Aku senang sekali dengan kisah yang rombongan begini. Maksudnya, si tokoh ini membahas suatu kebersamaan (ini maksud rombongannya :3) di sirkus.
    Untuk settingnya, aku hanya pernah dengar Atletico Bilbao, sih. Jadi, aku kurang tahu dengan latar yang digunakan ini. Semoga aku beruntung dengan sirkus ini deh >_<

    BalasHapus
  20. pernah baca Night Circus yang ide ceritanya berlatar sirkus juga. walopun pas baca baru nyadar kalo alurnya maju mundur pas di pertengahan buku, tapi ceritanya aku lumayan suka.
    walopun beberapa kali ada rombongan sirkus yang main di dekat kotaku, tapi aku belum pernah kesampaian nonton. aku jadi penasaran sama cerita tentang sirkus yang ditulis sama penulis lokal ini, apakah bisa membuatku ikut terhanyut ke dalam cerita bikinan penulis seperti yang kak neneng rasakan sampai kasih rating 5 untuk buku ini?
    bilbao? baru denger deh sama nama kota ini.

    BalasHapus
  21. Wow 5 bintang kak...?? makin penasaran.
    Memang jarang ada novel2 yang mengangkat tema unik seperti ini. Aku sih pernah nonton seputar sirkus hanya di film kartun Madagascar 3... :D Dan menurut aku penulisnya termasuk berani mengambil tema yang lain dari pada yang lain. Pasti risetnya gak gampang. Jadi penasaran gmn proses riset buku ini... Semoga bisa ikut merasakan petualangan di dunia sirkus bareng Stella dan anak-anak Circo De Patrimonio... :)

    Terima kasih kak reviewnya ^^

    BalasHapus
  22. Kesalahan penulisan :
    antraksi seharusnya atraksi
    Chritian Simamora seharusnya Christian Simamora
    ranting seharusnya rating
    ni seharusnya ini (paragraf 10)

    Pendapatku tentang reviewnya ya :
    1. Tema, menurut Neneng kan rasanya seperti penulis juga pecinta sirkus. Aku setuju bangett. Penulis juga risetnya nggak main-main dilihat dari pembaca dibawa sampai terhanyut dalam ceritanya. Semoga saja yang nggak suka sirkus setelah membaca novel ini jadi tergila-gila sama sirkus atau yang belum tahu sama sekali tentang sirkus lewat novel ini, mereka jadi belajar banyak tentang sirkus.

    2. Setting, aku sama sekali tidak tahu tentang kota Bilbao. Di balik kota berkembang dengan futuristik yang indah itu, terdapat rombongan Circo De Patrimonio yang sangat luar biasa.

    3. Karakter dari setiap tokoh, aku menyukai tokoh Stella dengan sifat antusias dan perjuangannya untuk bergabung dalam kelompok Circo De Patrimonio serta berusaha keras menyelesaikan konflik baik dengan orang tua serta teman-teman barunya. Penasaran bagaimana kisah selanjutnya.

    4. Konflik dan penyelesaian yang menyatu merupakan kelegaan sendiri dalam membaca suatu novel. Apalagi membaca review Neneng dan betapa bahagianya atas cover novel ini. Aku makin tambah tertarik dan jatuh hati pada novel kak Sylvee (cover cantik dan imut-imut pas sekali dengan temanya).

    Tema berbeda, genre umum, setting khas, karakter dan konflik yang pas, aku acungi jempolll dehhh.

    Thank you reviewnya :)

    BalasHapus
  23. Aku udah beberapa kali baca novel dengan tema-tema yang unik, tapi dengan tema sirkus dan setting kota Bilbo, yang aku sendiri gak tau tempatnya, membuat aku punya ekspetasi yang tinggi untuk novel ini. Menurut aku penulis berani ngambil settingan negara yang gak terkenal. Kalau dari situ aja udah berani, pasti ada hal-hal menarik di dalam novel ini. Bagaimana pun juga, tema percintaan, kekeluargaan dan persahabatan yang di usung penulis akan membuat novel ini menjadi bacaam wajib.

    Wish me luck ^^

    BalasHapus
  24. Temanya sirkus? Anti mainstream banget ya! Dan setahuku tema ini belum pernah aku temui. Tapi kayaknya ini yang bikin novel Circo De Patrimonio beda dari yang lainnya. Apalagi dijelaskan bahwa penulis mampu memberikan dekripsi yang detail tentang tema ini seolah – olah penulis pernah menjadi bagian dalam sebuah sirkus. Patut diacungi jempol deh, berarti riset yang dilakukan penulis nggak sia-sia. Jadi kalau saya bisa baca buku ini saya pasti dapat wawasan baru tentang dunia sirkus deh :D

    BalasHapus
  25. Aku kira awlnya ini novel terjemahan, karena namanya yang rada spanyol dan ternyata memang spanyol. Tapi pas baca blurbnya ternyata itu nama panti asuhan, dan yang kerennya itu adalah sebuah panti asuhan yang anak-anaknya diajarkan sirkus. Sumpah itu keren banget. Authornya keren, karena bisa mendeskripsikan bagaimana keadaan sirkus saat itu, ide nya juga keren, karena aku belum mendengar ada sebuah panti asuhan yang mengajarkan tentang sirkus.

    Pokoknya, ini keren :D

    BalasHapus
  26. Untuk cerita tentang sirkus sebenarnya bukan hal yang baru untuk saya. Ada sebuah anime yang pernah saya tonton yang juga membahas tentang sirkus, tapi memang sepertinya baru Circo ini buku pertamaㅡyang saya temukanㅡyang membahas sirkus. Jadi ingin tahu bagaimana penulis mengemas sirkus, yang biasanya untuk dilihat, dituangkan dalam bentuk tulisan. Apalagi Kak Tari memberikan nilai sempurna untuk buku ini :) Jadi penasaran seperti apa isinya :) Wish me luck! /fingers cross/

    BalasHapus

Berikan komentarmu disini

 
;