Minggu, 13 September 2015

[Review Buku] Rahasia Hati Lelaki by Syah Fizan

Rahasia Hati Lelaki
by Syah Fizan
Penerbit Loveable
Penyunting by Renjani
Pendesain Sampul by Anessa
Cetakan ke-1; 2014; 138 hlm
Rate 2 of 5

Aku, Erfin Jonathan Febriandi, atlet bulu tangkis Indonesia terkenal, muda, keren, dan berbakat. Masa laluku bertolak belakang dengan kondisiku saat ini. Saat duduk di bangku SMP, aku cupu (culun punya), kurang gaul, dan kondisi otak pun pas-pasan. Tapi keluguanku berhasil merebut perhatian Naila. Sayangnya, orangtuaku tak mengizinkanku menjalin hubungan dengan Naila, karena kami berbeda suku.
Aku berusaha menata hati untuk melupakan Naila hingga aku masuk SMU. Di sinilah aku mulai menyibukan diri dengan kegiatan OSIS, Paskibra dan Mading. Banyak gadis yang terpikat denganku. Salah satunya, Vina Renatasca, mantan dari sahabatku sendiri, Armen. Namun hubungan ini tak bertahan lama. Masih ada Armen dalam hati Vina.
Aku harus bangkit dari rasa sakitku. Bulu tangkis menjadi kegiatan penghibur rasa sakitku. Hingga akhirnya aku menjadi atlet bulu tangkis berbakat dan berkenalan dengan salah satu fansku, Elmira Cidaselia. Iya, dialah gadis yang selalu mendukung dan memberi semangat.
Tapi apakah Elmira Cidaselia sanggup menghapus kesedihanku? Atau, aku lebih baik sendiri karena tak mau lagi ‘sakit’ untuk ketiga kalinya? Untuk Naila dan Vina yang pernah mengisi ruang hatiku, entah aku harus bilang bahagia atau sakit?

Pertama-tama applaus buat aku yang berhasil memecahkan rekor baca tercepat 1 jam 30 menit. Dan rekor ini tidak sebanding dengan pengalaman baca yang aku dapat dari novel ini. Ceritanya yang terlalu biasa dibawa dengan gaya tulisan yang super ... super biasa banget. Tapi buku ini masih lebih baik daripada buku 3Some karya Nova Riyanti Yusuf (baca reviewnya disini). Hal yang menyelamatkan buku ini lebih baik dari buku 3Some adalah buku ini punya alur yang jelas dan cerita yang berakhir dengan jelas pula.

Berbeda dengan postingan review sebelumnya, di postingan ini aku gak bikin sinopsis karena blurb di atas udah menggambarkan secara jelas cerita ini.

Buku ini di bagi beberapa bab yang menjelaskan kehidupan Erfin. Bab pertama awal mula kisah cinta Erfin dengan Naila. Bab dua bercerita ketika Erfin sudah SMA dan ia jatuh cinta dengan Vina mantan pacar sahabatnya sendiri. Bab ketiga ini agak melenceng dari Erfin, tapi tetap ada hubungannya dengan Erfin. Bercerita tentang kisah cinta Fiby yang klisenya luar biasa. Dan bab selanjutnya sesuai dengan blurb di atas.Sampai di bab terakhir tetap konsiten dan alur terjaga dengan baik.

Banyak kelemahan-kelemahan dalam novel ini.


Mulai dari cara tulis yang gak ada penjiwaan sama sekali. Pernah baca gaya tulisan di cerpen majalah Bobo? Nah seperti itulah gaya tulisan di buku ini, Cuma ceritanya tentang cinta anak-anak remaja.

Karakter juga sama. Agak aneh rasanya Erfin yang cupu bisa berubah menjadi menawan dan terkenal Cuma karena rajin ikut organisasi. Ada juga Erfin yang anak cupu dan tidak pandai bergaul tapi hobi main game di game center. Anak-anak cupu dalam kehidupan sebenarnya menghindari kegiatan di tempat ramai orang. Sebenarnya gak aneh kalau penulis bisa membawa karakter mengalami perubahan-perubahan yang membawanya menjadi lebih keren, Cuma yah itu. Mengingat gaya tulisnya yang terkesan buru-buru membuat tidak masuk akal sama sekali.

Tidak konsisnten. Erfin dan beberapa tokoh lain yang terlibat dalam novel ini kadang memakai “Lo” “gue” tapi tiba-tiba bisa berubah menjadi “aku” “kamu”. Masalahnya kata itu di campur adukkan dalam satu paragraf. Aku jadi menanyakan kualitas editor buku ini.

Secara keseluruhan buku ini biasa aja. Hal yang aku suka dari buku ini Cuma sampul depannya aja. Yang sayangnya gak menggambarkan isi buku sama sekali.

G+

2 komentar:

  1. wah menarik nih reviewnya,.. penasaran pengen baca keseluruhan buku ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Alii ...

      Terima kasih sudah mampir

      Hapus

Berikan komentarmu disini

 
;