Rabu, 17 Juni 2015

[Review Buku] SHINING SHINee by @off_shawolindo

Judul: SHINING SHINee
Penulis oleh @off_shawolindo
Penerbit PT Wahyumedia
Penyunting by Sheenchan
Cetakan pertama; 2011; 244 Hlm
Desain cover by Kickykicky
Rate 5 of 5

Lima cowok keren, jago nyanyi, dan jago nge-dance, siapa lagi kalau bukan SHINee. Onew, Jonghyun, Key, Minho dan Taemin, mampu membuat fansnya tergila-gila. Ternyata kesuksesan mereka nggak diraih begitu saja. Banyak suka duka yang mereka alami sampai saat ini. Selain itu, di balik kesuksesan SHINee, banyak hal lucu dan menarik tentang masing-masing member. Seperti Onew yang ternyata dari kecil bercita-cita menjadi ilmuwan, Jonghyun paling sensitif alias suka nangis sampai dijuluki “crying king”-nya SHINee, serta Key yang dipanggil Umma (ibu) karena dia yang paling cerewet dan super bawel. Kemudian, Minho yang tidak biasa makan menggunakan sumpit dan Taemin yang ternyata first kiss-nya dengan sebuah robot! Tenyata, lucu juga ya member SHINee.
Bukan hanya itu, semua informasi mengenai SHINee ada dalam buku ini. Mulai profil lengkap per member, diskografi, perjalanan karier, penghargaan yang didapatkan, kisah keluarga para member SHINee, pekerjaan di luar aktivitas SHInee, sampai lirik lagu mereka ada dalam buku ini. Satu hal lagi, pengalaman para fans SHINee (SHAWOL) diceritakan dalam buku ini. Paling dashyat lagi, ada bonus stiker menarik dan postcard setiap member, lho!

Buku ini aku beli ketika aku masih buta banget soal SHINee, mana internet terbatas karena masih pake hape biasa, alias hape jadul, dan rasa penasaran yang tinggi soal kehidupan mereka. Karena setahu aku mereka mengikuti beberapa reality show, Cuma seperti yang aku bilang tadi karena terbatas kuota internet, jadi hanya gigit jari aja, atau kalau sempat/ngebet aku ngacir ke warnet dan donlot sepuasnya lalu pulang dan nonton.

Buku ini lengkap banget ngebahas SHINee di awal-awal debut mereka. Mulai dari profil, biodata, fakta-fakta lucu dan kebiasaan unik per member di ceritakan secara detail di buku ini. Sayangnya buku ini terbit ketika SHINee masih (baru) 3 tahun semenjak dari debut mereka, tahun 2008 silam. Jadi isinya terbatas hanya sekitar SHINee baru berusia 3 tahun di dunia kpop. Tapi gak apa-apa, karena zaman yang semakin canggih kayak sekarang, gak membuat shawol yang baru sekalipun untuk mengikuti perkembangan SHINee, tidak seperti zaman aku dulu hehe.

Oke .... buku ini di buka dengan gambar-gambar full colour SHINee. Kebanyakan sich gambar per member, tidak dalam pose berlima. Mungkin maksudnya sebagai pengenalan kali ya ...

Lalu dilanjutkan dengan:

*        Chapter One “SHINING SHINee” : disini akan dijelaskan lengkap dari awal debut mereka dan penghargaan yang mereka raih semenjak mereka debut. Bagaimana mereka berhasil mengandeng desainer ternama dan menjadi brand ambrassador untuk beberapa mereka pakaian, serta tren-tren yang mereka ciptakan pasca mereka debut. Ada juga dibahas tentang karir mereka dan pencapaian album mereka. Akan di jelaskan satu persatu album mana dan penghargaan apa yang di raih, serta berapa kali mereka mendapatkan tropi.


*        Chapter Two “Part of SHINee” : Nah bagian ini menjadi favorit aku. Karena di bagian ini akan di jabarkan profil per member secara lengkap beserta fakta-fakta seru mereka yang jarang kamu temukan di artikel manapun.

*        Chapetr Three “Their Song” : Kalau di bagian ini berisi tabel judul-judul lagu SHINee dari masing-masing album yang pernah mereka rilis. Daftar di tabel ini sangat membantu aku untuk memperlengkap koleksi lagu SHINee aku di laptop dan ponsel aku,  biar sambil belajar dengerin SHINee hehe. Kan rugi mengaku shawol kalau gak punya koleksi lagu SHINee ...

*        Chapter Four “The Best Achievement” : Kalau baca bagian ini, jamin buat kamu merinding. Soalnya kan buku ini rilis tepat 3 tahun SHINee, nah dalam jangka segitu aja segudang prestasi telah mereka raih.

*        Chapter Five “Bad Things Sometimes Happen” : Ini mungkin akan sedikit membuat pilu para shawol ketika membaca bagian ini. Disini berisi beberapa kejadian/kecelakaan yang sempat di alami member, dan stttt skandal Jongnhyun juga disebutkan lho disini.

*        Chapter Six “Seldom We Cry” : Ini adalah pengalaman shawol yang sempat bertemu idola mereka. Tau dong kan SHINee pernah mampir ke Indonesia ketika mereka baru debut, nah para shawol tidka mau kalah untuk bertemu dengan mereka. Cuma yah itu, GAK GAMPANG ....  mulai dari korban perasaan dan korban dompet hehe

*        Chapter Seven “SHINee World” : Ini diceritakan gimana terbentuknya fansite buat SHINee dari indonesia. Mereka merupakan fansite terbesar di Indonesia dengan member yang lumayan banyak. Mereka ceritakan satu-satu bagaimana perjalanan mereka.

*        Chapter Eight “Other Activities” : Disini akan di jabarkan satu-satu iklan SHINee. Nah yang belum tau, buru liat dan cari di youtube. Lucu-lucu lho wajah mereka apalagi yang iklan kosmetik Etude itu. Bikin gemas dan menjerit. Variety Show juga di jabarkan. Mulai dari SHINee “girl” dan beberapa variety show lain. Kayaknya yang paling banyak bikin cewek-cewek nangis itu pas Yuhanam. SEBAL!

*        Chapter Nine “Family” : disini akan dibahas secara singkat profil keluarga mereka.

*        Chapter Ten “Amazing Song, Amazing Lyrics” : Gak usah dijelasin juga pada ngerti kayaknya kan hehe. Disini ada lirik terjemahan dari lagu-lagu SHINee, mulai yang bahasa koreanya sampai terjemahan dalam bahasa inggris.

*        Chapter Eleven “A thousand word and Face from us” : Disini pesan-pesan dari shawol di rangkum. Kalimat-kalimat dukungan dan kasih sayang mereka tercurahkan disini. Membuat kita sadar, bahwa bukan hanya kita sendiri yang menangis ketika melihat kebahagian SHINee, kesedihan mereka, bahkan tawa mereka pun bisa menjadi alasan buat kita menitikan air mata.

*        Di bagian akhir buku ini, ditambahkan beberapa foto SHINee yang berpose berlima, tapi ada juga yang sendiri. Fotonya kece-kece dan pastinya bikin jatuh hati untuk keseribu kalinya. Fotonya lumayan cukup banyak, sekitar 20 halaman mungkin ada.


Semoga review singkat buku ini mampu menguak kembali ingatan kita akan SHINee yang dulu. Tidak peduli berapa banyak group baru mengguncang industri kpop, yang kita pedulikan bagaimana membuat SHINee tetap bersinari di antara mereka semua. Jangan sampai sinar itu padam. Karena tanpa SHINee, shawol tidak pernah ada.

Akhir kata ...


Selamat Membaca

G+

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentarmu disini

 
;